//

HUBUNGAN LEBAR TELAPAK TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN SHOOTING BOLA BASKET PADA TIM BASKET FKIP UNSYIAH TAHUN AKADEMIK 2017/2018

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fadhil Umam - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Umam, Fadhil. 2018. Hubungan Hubungan Lebar Telapak Tangan Terhadap Kemampuan Shooting Dalam Permainan Bola Basket Pada Tim Basket FKIP Tahun Akademik 2017/2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Nuzuli, M.S., (2) Drs. Amiruddin, M.Kes. Kata kunci: Lebar telapak tangan, Kemampuan Shooting dalam permaininan bola basket Penelitian yang berjudul: “Hubungan Hubungan Lebar Telapak Tangan Terhadap Kemampuan Shooting Dalam Permainan Bola Basket Pada Tim Basket FKIP Tahun Akademik 2017/2018” ini mengangkat masalah hubungan lebar telapak tangan dengan kemampuan shooting dalam permainan bola basket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Lebar Telapak Tangan Terhadap Kemampuan Shooting Dalam Permainan Bola Basket Pada Tim Basket FKIP Tahun Akademik 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP Unsyiah yang berjumlah 16 orang. Sampel ini diambil menggunakan teknik porposive sampling, yaitu mahasiswa FKIP yang terlibat dalam tim basket yang berjumlah 16 orang (total sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah sebagai berikut: (1) mengukur lebar telapak tangan menggunakan rol, (2) mengukur ketepatan shooting sebanyak 50 kali. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus koefesien korelasi. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan lebar telapak tangan terhadap kemampuan shooting dalam permainan bola basket pada tim basket FKIP tahun akademik 2017/2018 sebesar (rxy=0,688). Untuk membuktikan kebenaran atau kedudukan suatu hipotesis penelitian dapat dilakukan dengan menggunakan uji r. r hitung (rh) sebesar 0,688 sedangkan r tabel (rt) pada taraf signifikan 5% adalah 0,494 artinya nlai r hitung=0,688 > nilai r tabel=0,494. Dan jika di konversi dengan uji t, t hitung (th)=2,41 sedangkan nilai t tabel (tt) pada taraf signifikan 5% adalah 2,13 artinya nilai t hitung=2,41 > nilai t tabel=2,13. Dengan demikian disimpulkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan diterima, maka lebar telapak tangan memberikan hubungan yang positif terhadap tes shooting bola basket pada mahasiswa FKIP Universitas Syiah kuala Tahun Akademik 2017/2018, terbukti kebenarannya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN SHOOTING PERMAINAN BOLA BASKET MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2013 (Saiful Arzi, 2016)

HUBUNGAN KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN KETERAMPILAN BERMAIN BOLA BASKET PADA MAHASISWA FKIP PENJASKREK UNSYIAH ANGKATAN 2012 TAHUN AKADEMIK 2014/2015 (SURYA, 2015)

KONTRIBUSI TINGKAT KECEMASAN DAN POWER TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN SHOOTING OLAHRAGA BOLA BASKET PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH TAHUN AKADEMIK 2014/2015 (ZULFAN MIRANDA, 2015)

HUBUNGAN DAYA TAHAN OTOT LENGAN DENGAN SHOOTING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2012 (arinal fikri, 2015)

KONTRIBUSI KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DAN KELINCAHAN DENGAN KEMAMPUAN MENDRIBEL BOLA BASKET PADA MAHASISWA PENJAKESREK UNSYIAH ANGKATAN 2012 (jumali, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy