//

KECEMASAN MATEMATIKA SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS VIII MTSN MODEL BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rinna Nurhaina - Personal Name
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurhaina, Rinna. 2019. Kecemasan Matematika Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas VIII MTsN Model Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. M. Ikhsan, M.Pd. (2) Suhartati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kecemasan matematika siswa, Hasil Belajar, Think Pair Share. Kecemasan yang berlebihan dalam belajar matematika dapat membuat konsentrasi siswa terganggu dan tidak dapat fokus dalam belajar. Kecemasan merupakan masalah yang dapat mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa. Oleh karena itu guru perlu mengkondisikan pembelajaran matematika yang baik untuk mengurangi kecemasan siswa yang berlebihan. Upaya guru diantaranya adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecemasan matematika siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan model kooperatif tipe Think Pair Share. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design yaitu Pre-test and Post-test Group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VIII di MTsN Model Banda Aceh. Sampel penelitian yaitu 36 siswa kelas VIII-2. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kecemasan matematika siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan matematika siswa sebelum pembelajaran untuk kategori sangat rendah sebanyak 0%, kategori rendah sebanyak 25%, kategori sedang sebanyak 55,55%, kategori tinggi sebanyak 16,67% dan kategori sangat tinggi sebanyak 2,78%. Kecemasan matematika siswa sesudah pembelajaran untuk kategori sangat rendah sebanyak 77,78%, kategori rendah sebanyak 22,22% dan kategori sedang, tinggi maupun sangat tinggi sebanyak 0%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kecemasan matematika siswa setelah pembelajaran mengalami penurunan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di kelas VIII MTsN Model Banda Aceh siswa dapat mencapai ketuntasan belajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMPN 7 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013/2014 (Padliadi, 2015)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV SDN UJONG KUTA (Murni Asdar, 2014)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMPN 18 BANDA ACEH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (Rosalina, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE CHANGE OF PAIRS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IS DI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (FAHMI RIJA ARHAS, 2018)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (HUSNA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy