//

EVALUASI KESEGARAN JASMANI DAN KETERAMPILAN DASAR BOLA BASKET KLUB SMA METHODIS BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zulu Wanis - Personal Name
SubjectBASKETBALL
Bahasa Indonesia
Fakultas PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Zulu Wanis, 2018. “Evaluasi kesegaran jasmani dengan keterampilan dasar Bola Basket Klub SMA Methodis Banda Aceh”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Zulfikar, M.Kes., (2) Ifwandi, S. Pd, M. Pd. Kata Kunci: Evaluasi, Kesegaran Jasmani, Keterampilan Dasar Bola Basket. Klub bola Basket SMA Methodis Banda Aceh merupakan klub yang aktif menjalankan olahraga Basket. Keterampilan bermain Basket bisa dilakukan dengan baik tentu harus didukung oleh kesegaran jasmani pemainnya. Dengan kesegaran jasmani yang baik maka pemain akan mampu melakukan Passing, Dribeling dan Shooting dengan efektif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani dengan keterampilan dasar Bola Basket Klub SMA Methodis Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini 12 orang dan sampel juga berjumlah 12 yang diambil dengan total sampling. Pengumpulan data dilakukan tes kebugaran jasmani dengan tes lari 12 menit dan tes keterampilan dasar bermain bola Basket terdiri dari keterampilan Passing 30 detik, keterampilan Dribeling dan keterampilan Shooting 30 detik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kesegaran jasmani klub SMA Methodis Kota Banda rata-rata sebesar 2,380 yang berada pada kategori kurang. Hal ini diketahui dari 100% orang pemain terdapat 50% dalam kategori kurang, 25% orang kategori baik sekali, 25% orang kategori sangat kurang dan tidak ada yang tergolong kategori baik dan sedang. Keterampilan bermain bola Basket klub SMA Methodis Kota Banda Aceh pengukuran dengan tes memantulkan bola ke tembok selama 30 detik, Menggiring bola dan menembak bola ke ring basket selama 30 detik. Dari hasil perhitungan T Score diperoleh nilai rata-rata sebesar 146 yang tergolong dalam kategori sedang. Jika dipersentasekan diketahui bahwa dari 100% sampel terdapat 83,33% sampel dalam kategori sedang, 16,66% sampel dalam kategori kurang.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN KETERAMPILAN DASAR BERMAIN BOLA BASKET ANTARA PANGLIMA POLEM BASKETBALL CLUB DENGAN ARAI BASKETBALL CLUB TAHUN 2016 (Randy Tri Handoko, 2017)

EVALUASI KETERAMPILAN BERMAIN BASKET PADA ATLET KLUB BASKET SMK NEGERI 2 MEULABOH TAHUN 2014 (Husni, 2015)

HUBUNGAN KOORDINASI MATA TANGAN DAN KESEIMBANGAN DENGAN KETERAMPILAN BERMAIN BOLA BASKET PADA ATLET PORA BENER MERIAH (AMRIZAL, 2019)

TINGKAT KESEGARAN JASMANI ATLET BOLA BASKET SMA NEGERI 1 KOTA LANGSA TAHUN 2015 (Fachrul Azmi, 2015)

EVALUASI KETERAMPILAN BERMAIN BOLA BASKET SISWA MAN MODEL 1 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (Juanda, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy