//

ANALISIS KARAKTER TOKOH DALAM NASKAH DRAMA KARYA SULAIMAN JUNED DALAM BUKU MENJILAT BULAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang JULIKA LISSA ILHAMIDA - Personal Name
SubjectLEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
DRAMA
Bahasa Indonesia
Fakultas PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ilhamida, Julika Lissa. 2019. Analisis Karakter Tokoh dalam Naskah Drama Karya Sulaiman Juned dalam Buku Menjilat Bulan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Mukhlis, M.Hum. (2) Dra. Sa’adiah, M.Pd. Kata Kunci: karakter, karakterisasi, naskah drama Penelitian ini berjudul “Analisis Karakter Tokoh dalam Naskah Drama Karya Sulaiman Juned dalam Buku Menjilat Bulan”. Masalah penelitian ini adalah karakter dan karakterisasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakter tokoh dan metode yang digunakan pengarang dalam menggambarkan karakter tokoh dalam naskah drama karya Sulaiman Juned dalam buku Menjilat Bulan. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah drama karya Sulaiman Juned dalam buku Menjilat Bulan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis isi. Untuk menganalisis, peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan berbagai karakter tokoh dalam naskah drama ini dan bagaimana karakterisasinya. Cara karakterisasi tokoh menggunakan metode langsung (telling) dan metode tidak langsung (showing). Setelah dianalisis naskah drama yang ada dalam buku Menjilat Bulan karya Sulaiman Juned lebih dominan menggunakan metode tidak langsung.  

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERWATAKAN PADA NASKAH DRAMA SEULANGA KARYA ALIMUDDIN (Maria Ulfa, 2017)

ANALISIS KARAKTER TOKOH DALAM NASKAH DRAMA WARISAN KARYA JUNAIDI BANTASYAM (Muhammad Rifki, 2016)

NILAI MORAL DALAM NASKAH DRAMA TANAH PEREMPUAN RNKARYA HELVY TIANA ROSA (Listia Ulfa, 2014)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DELIMA MENULIS NASKAH DRAMA BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI (Absah, 2013)

TINGKAT KEPUASAN AUDIENCE TERHADAP DRAMA KOREA “THE HEIRS” DENGAN DRAMA INDIA “MAHABARATA” (STUDI TERHADAP MASYARAKAT KABUPATEN PIDIE) (Alviyanti Rahmazani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy