//

ANALISIS POLA HIDUP SEHAT PETUGAS DINAS LINGKUNGAN HIDUP, KEBERSIHAN DAN KEINDAHAN KOTA (DLHK3) BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAULIZAR CHALGIR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Chalgir, Maulizar 2019. Analisis Pola Hidup Sehat Petugas Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Penjaskesrek, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Zulfikar, M.Kes., (2) Dr. Nyak Amir., M.Pd. Kata kunci: Pola hidup sehat, petugas kebersihan. Kebersihan diri sangat penting dan harus diperhatikan oleh petugas kebersihan untuk mencegah penyakit yang diakibatkan dari sampah. Penelitian ini berupaya mengungkapkan tentang pola hidup petugas lapangan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskrpsikan (1) Pola kebersihan diri petugas lapangan Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh, (2) Pola makanan dan minuman sehat petugas Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh, (3) Pola kegiatan seimbang petugas Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh, (4) Pola gerak badan dan olahraga petugas Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh dan (5) Pola pencegahan dan penanganan penyakit petugas Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan (field research) . Data penelitian ini bersumber dari petugas lapangan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan melalui angket (quisioner ). Agar data hasil wawancara dapat terpercaya penulis menggunakan alat bantu yaitu kartu dan alat tulis. Berdasarkan hasil analisis data , temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Pola hidup sehat petugas lapangan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh: (1) Kebersihan diri / personal hygiene meliputi menjaga kebersihan kulit, penggunaan masker ketika bekerja, membersihkan gigi, membersihkan rambut, menjaga kebersihan tangan dan kaki,. (2) pola makanan dan minuman proporsional, mengandung unsur karbohidrat, lemak dan protein. minum sekurang-kurangnya 8 gelas air putih. (3) Pola kegiatan seimbang sering melakukan rekreasi minimal sebulan sekali dan Istirahat yang cukup. (4) Pola gerak badan dan olahraga umumnya selalu melakukan aktivitas-aktivitas untuk penguatan otot, namun tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga. (5) Pola pencegahan dan penanganan penyakit selalu menggunakan alat Pelindung Diri (APD) sebagai usaha pencegahan (preventif) dan berobat ke puskesmas/rumah sakit bila sakit. Simpulan penelitian ini adalah pola hidup sehat dalam menciptakan kebiasaan yang baik dapat dipahami oleh petugas lapangan Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI KOMUNIKASI DINAS LINGKUNGAN HIDUP KEBERSIHAN DAN KEINDAHAN KOTA BANDA ACEH DALAM MENYEBARKAN INFORMASI PENANGGULANGAN SAMPAH PADA MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH (MASNIDAR, 2018)

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEWUJUDKAN LINGKUNGAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT RN( STUDI DI GAMPONG LAKSANA KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) (Syahrial, 2014)

IMPLEMENTASI QANUN NOMOR 1 TAHUN 2017 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA BANDA ACEH (NENNY YUSTIKA, 2019)

ANALISIS KONTRIBUSI PENERIMAAN RETRIBUSI PELAYANAN PERSAMPAHAN/KEBERSIHAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA BANDA ACEH (YASNIVA, 2015)

PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA MASYARAKAT NELAYANRN(SUATU PENELITIAN DI GAMPONG KEDAI PALAK KARAMBIL, KECAMATAN SUSOH, KABUPATEN ACEH BARAT DAYA) (Sayed Alwi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy