//

ANALISIS ITEM TES MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS MAN 1 ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2018/2019

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zahmi Maulina - Personal Name
SubjectECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Maulina, Zahmi. 2019. Analisis Item Tes Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS MAN 1 Aceh Besar Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Anwar Yoesoef, M. Si (2) Dra. Sakdiyah, M. Si Kata kunci: Analisis Item Tes Peneltian ini bertujuan untuk menganalisis soal buatan guru sejarah MAN 1 Aceh Besar, secara khusus penelitian ini untuk mendeskripsikan, tingkat kesukaran, daya pembeda dan pola jawawan soal buatan guru sejarah MAN 1 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi dalam penulisan ini seluruh siswa kelas XI IPS MAN 1 Aceh Besar yang berjumlah 60 siswa yang mengikuti tes ujian. Sampel dalam penelitian ini ialah 48 siswa terdiri dari dua kelas. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik dokumentasi, data tersebut kemudian dianalisis menggunakan rumus tingkat kesukaran, daya pembeda dan pola jawaban soal. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan analisis data, dapat disimpulkan bahwa tingkat kesukaran soal yang termasuk dalam kriteria sukar berjumlah 10 butir (50%), sedang berjumlah 6 butir (30%), dan mudah berjumlah 4 butir (20%). Berdasarkan daya pembeda yang soal termasuk dalam kategori daya pembeda jelek ada sebanyak 12 butir (60%), soal termasuk dalam kategori daya pembeda cukup ada sebanyak 6 butir (30%), soal termasuk dalam kategori daya pembeda baik ada sebanyak 1 butir (5%), dan 1 butir soal (5%) termasuk dalam kategori daya pembeda baik sekali. Berdasarkan efektivitas pengecoh termasuk soal yang berfungsi baik berjumlah 10 soal (50%), tidak baik berjumlah 2 butir (10%), dan kurang baik 8 (40%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal buatan guru sejarah MAN 1 Aceh Besar adalah soal yang belum baik, terdapat sebagian soal harus direvisi kembali.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS ITEM TEST MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMAN 1 BANDA ACEH, TAHUN AJARAN 2013-2014 (DEODE ATISA, 2015)

ANALISIS ITEM TES MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS MAN 1 ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2018/2019 (Zahmi Maulina, 2019)

ANALISIS TINGKAT KESUKARAN SOAL DAN DAYA PEMBEDA SOAL MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015-2016 (Heppi Yuslita, 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN TEKNIK THREE STEP INTERVIEW TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGLI TAHUN AJARAN 2017/2018 (ARIF MUTTAQIN, 2018)

PENGARUH STRATEGI DALANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 ARONGAN LAMBALEK KABUPATEN ACEH BARAT SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2018/2019 (Ramalisa, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy