//

PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RENNI YUSDARDILLA P - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Putri, Renni Yusdardilla. 2018. Penerapan Model Think Talk Write Berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Himpunan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. M. Ikhsan, M.Pd (2) Dra. Yuhasriati, M.Pd Kata Kunci: Think Talk Write, Mind Mapping, Hasil Belajar Model Think Talk Write berbantuan Mind Mapping merupakan salah satu model yang dapat diterapkan dalam pembelajaran agar siswa mau bekerja sama sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Dengan model ini siswa diberikan kesempatan untuk berinteraksi dan berkolaborasi sesama anggota kelompoknya dalam mendiskusikan masalah kemudian mencatat hasil diskusi tersebut. Proses mencatat hasil diskusi menggunakan metode Mind Mapping. Rendahnya hasil belajar siswa salah satunya disebabkan karena siswa mengalami kesulitan dalam mengingat dan memahami konsep pembelajaran matematika karena metode pembelajaran yang tidak sesuai dengan siswa. Selain itu rata-rata siswa tidak terlalu menyukai menyelesaikan pekerjaan dengan cara berkelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Think Talk Write berbantuan Mind Mapping pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 6 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan ialah pendekatan eksperimen dengan True Experimental Design menggunakan control group pre-test post-test design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Banda Aceh yang terdiri dari 8 kelas sedangkan sampelnya dipilih secara random dan terpilih dua kelas yaitu siswa kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan VII-4 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui hasil pre-test dan post-test hasil belajar siswa selama pelaksanaan penelitian. Analisis data dilakukan dengan statistik uji-t satu pihak yaitu pihak kanan pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 58 sehingga diperoleh nilai thitung = 3,92 dan ttabel = 1,672 sehingga thitung > ttabel atau 3,92 > 1,672, hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Think Talk Write berbantuan Mind Mapping lebih baik dari pada yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH (ULFA MEIRIDA, 2018)

PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE DAN MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI SMA NEGERI 1 TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH. (Ira Regar, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEH (M. Yunus, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA RNPADA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI WILAYAH INDONESIA DI KELAS VI RNSD NEGERI 16 BANDA ACEH (Ibrahim, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM. (Suherlin, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy