//

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN HIMPUNAN DI KELAS VII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIKA OKTAVIANA A - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ahmadi, Rika Oktaviana. 2018. Penerapan Model Quantum Teaching dalam Pembelajaran Himpunan di Kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Dr. Anwar, M.Pd., (2) Dra. Yuhasriati, M.Pd. Kata Kunci: Model Quantum Teaching, Hasil Belajar, Materi Himpunan Quantum Teaching adalah suatu model pembelajaran yang berupaya menciptakan lingkungan belajar yang efektif dalam rangka menyampaikan isi, kurikulum sehingga memudahkan proses belajar. Model tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran matematika, misalnya pada materi himpunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model quantum Teaching pada materi himpunan di kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian rancangan One Group Post-test Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dipilih secara random sampling atau acak, dan terpilih kelas VII-A yang terdiri 30 siswa. Eksperimen dilaksanakan sebanyak 4 kali yaitu pembelajaran materi himpunan. Penelitian ini berupa 10 soal essay materi himpunan yang diberikan pada akhir pertemuan. Hipotesis penelitian adalah hasil belajar siswa melalui penerapan model quantum teaching dalam pembelajaran himpunan di kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh dapat melebihi kriteria ketuntasan minimum (KKM = 75). Untuk menguji hipotesis penelitian ini digunakan uji-t pihak kanan. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa t_hitung = 2,22. Sementara itu, pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan derajat kebebasan dk = 29 diperoleh t_tabel = 1,70. Karena t_hitung > t_tabel yaitu 2,22 > 1,70 berakibat terjadi penolakan H_0. Dengan demikian, hasil belajar siswa pada materi himpunan menggunakan model quantum teaching dapat melebihi KKM. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat menerapkan model quantum teaching pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi himpunan sehingga pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan siswa lebih termotivasi untuk belajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENCAPAIAN KETUNTASAN KLASIKAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Novita Uliati, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NAZARIATUN NAJMI, 2015)

PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL (Desi Aria Mustika, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH PEMBELAJARAN PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS VIII SMPN 9 BANDA ACEH (Khana Silva Rezeka Hasan, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy