//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PLANTET QUESTION TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NISAM KABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DESMIRA ANNISA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Plantet Question terhadap Keaktifan Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Nisam, Kabupaten Aceh Utara.” ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran aktif tipe Plantet Question terhadap keaktifan belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Nisam, Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Nisam yang berjumlah 126 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis persamaan persentase. Berdasarkan hasil analisis data angket yang telah dilakukan bahwa nilai rata-rata persentase angket yang diperoleh kelas eksperimen terdapat sebanyak 51,875% peserta didik menyebutkan “sangat setuju” model pembelajaran aktif tipe Plantet Question membuat peserta didik aktif dan inovatif dalam pembelajaran, sebanyak 42,03125% peserta didik menyebutkan “setuju” terhadap model pembelajaran aktif tipe Plantet Question, dan hanya 6,09375% yang mengatakan “tidak setuju”. Hasil yang diperoleh pada kelas kontrol yang memilih “setuju” sebesar 44,4% peserta didik, dan yang memilih “tidak setuju” mencapai 35,8% peserta didik, sedangkan yang memilih “sangat setuju” hanya 19,8% peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif tipe Plantet Question terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPS. Berdasarakan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran aktif tipe Plantet Question memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keaktifan belajar IPS siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Nisam, Kabupaten Aceh Utara.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DAN MODEL MODEL PEMBELAJARAN PLANTET QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS VIII DI MTSN RUKOH BANDA ACEH (Juna Erli, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAT PLANTET QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Rahmat Ichsan, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PLANTET QUESTION PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII RNSMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Baniar Rideni Putri, 2015)

PENERAPAN PEMBELAJARAN MODIFIKASI METODE PLANTET QUESTION PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Linuri Hidayati, 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DEBATE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SAMUDERA KABUPATEN ACEH UTARA (Indriani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy