//

KORELASI KONDISI FISIK DOMINAN TERHADAP KEMAMPUAN SMASH DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS KLUB PB.MALAKADI KECAMATAN KUTA MALAKA ACEH BESAR TAHUN 2018

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HENDRI ARFIANSYAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Arfiansyah, Hendri. 2014. Kolerasi Kondisi Fisik Dominan Terhadap Kemampuan Smash Dalam Permainan Bulu Tangkis Klub PB.Malaka di Kecamatan Kuta Malaka Aceh Besar Tahun 2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Alfian Rinaldy, M.Pd., (2) Dr. Mansur, M.Kes. Kata kunci: kondisi fisik, kemampuan smash Atlet bulu tangkis Malaka merupakan sosok atlet bulu tangkis yang akan menjadi andalan bagi Aceh Besar khususnya Kecamatan Kuta Malaka. Klub bulu tangksi Kuta Malaka merupakan klub bulu tangkis yang baru terbentuk dan memiliki 18 atlet dan pernah menjuarai berbagai event baik dalam tingkat pelajar maupun dalam tingkat daerah. Berdasarkan observasi awal pada atlet bulu tangkis Klub Malaka, peneliti menemukan berbagai kendala untuk aktifitas fisik terutama saat melakukan smash yang dilakukan atlet dengan lompatan yang tidak maksimal, sehingga pukulan panjang dan pendek tidak membuahkan hasil yang baik atau tidak bisa langsung mematikan perlawanan lawan. Peneliti bertujuan untuk mengetahui“ Korelasi Kondisi Fisik Dominan Terhadap Kemampuan Smash Dalam Permainan Bulu Tangkis Klub PB.Malaka Di Kecamatan Kuta Malaka Aceh Besar Tahun 2018”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kolerasi, dengan metode pendekatan evaluasi. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan atlet bulu tangkis Klub Malaka yang berjumlah 18 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu total sampling Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) tes daya tahan, (2) tes daya ledak otot tungkai dan lengan, (3) tes kelentukan, (4) tes kelincahan, dan (5) tes kemampuan smash Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat di kemukakan sebagai berikut: terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara daya tahan, dan daya ledak otot tungkai dan lengan dengan kemampuan smash (ftabel, 89.7 1.753) dan (ftabel, atau 2.5 1.753), selanjutnya terdapat hubungan yang signifikan antara kelentukan, dan kelincahan terhadap kemampuan smash (ftabel, 2.820 1.753) daya tahan memberikan kontribusi 20.25%, daya ledak otot tungkai dan lengan memberikan kontribusi sebesar 90.25% dan 14.44%, kelentukan memberikan kontribusi sebesar 28.09%, dan kelincahan memberikan kotribusi sebesar 21.16% terhadap kemampuan smash. Simpulan penelitian ini adalah terdapat sumbangan yang signifikan dari daya tahan (X1), daya ledak otot tungkai dan lengan (X2), kelentukan (X3), dan kelincahan (X4), terhadap kemampuan dalam melakukan smash (Y) pada permainan bulu tangkis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH LATIHAN SKIPPING TERHADAP PENINGKATAN POWER OTOT TUNGKAI DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS PADA PEMAIN PB MALAKA SAMAHANI ACEH BESAR (Muhammad Rezal, 2018)

EVALUASI KEMAMPUAN PUKULAN DRIVE DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA SISWA MTSN TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA TAHUN AJARAN 2013/2014 (Fauziah, 2014)

EVALUASI KEMAMPUAN KONDISI FISIK PADA ATLET PERSATUAN BULU TANGKIS MALAKA ACEH BESAR TAHUN 2017 (Januar, 2018)

EVALUASI KOMPONEN KONDISI FISIK DOMINAN PADA KIPER KLUB SEPAKBOLA SE-KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2015/2016 (Ricko Tampati, 2016)

EVALUASI KONDISI FISIK DOMINAN ATLET BULUTANGKIS PB MALAKA ACEH BESAR TAHUN 2018 (FITRI ADDYANTI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy