//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS KELAS X-5 DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mustapa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran serta respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-solution Posing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-5 SMAN 3 Banda Aceh yang berjumlah 30 orang siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif menggunakan persentase sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data penelitian yaitu tes tertulis, observasi dan angket yang ketiganya dianalisis menggunakan uji persentase. Hasil analisis berdasarkan data tes tertulis menunjukkan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa secara individu yaitu 80%, 90% dan 100%, sedangkan secara klasikal yaitu 60%, 80% dan 100%. Berdasarkan data observasi menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan setiap siklusnya yaitu 69,39%, 80,17% dan 93,10%, dan aktivitas siswa sebesar 70,25%, 81,46% dan 92,24%, sedangkan keterampilan guru dalam mengajar juga mengalami peningkatan setiap siklusnya yaitu 2,92, 3,56 dan 3,89. Berdasarkan data angket siswa, Siklus I 87,74% Siklus II 92,33% Siklus III 92,40% Keseluruhan siswa yang menyatakan bahwa mereka senang mengikuti pembelajaran, siswa menyatakan pembelajaran ini baru diterapakan, siswa berminat mengikuti pembelajaran, siswa menyebutkan keuntungan model pembelajaran yang diterapkan, siswa menyatakan adanya bimbngan belajar yang dilakukan oleh guru, siswa menyatakan guru memberikan motivasi pada saat proses pembelajaran. Hal ini dapat dikatakan bahwa sistem pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-solution Posing ini berhasil dan siswa banyak termotivasi dalam belajar. Kata kunci: Problem Posing Tipe Pre-solution Posing Berbasis Etnosains, pemecahan soal fisika, menganalisis masalah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS KELAS X-5 DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Mustapa, 2019)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK RNMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI RNPESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS VIII-6 RNMTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Nurul Sakdah, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA MATERI MINYAK BUMI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Heri Gunawan, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMPN 15 BANDA ACEH (Ruslaini, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy