//

PELAKSANAAN STRATEGI DUTA BESAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TAPAKTUAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ony Wahyuni - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Pelaksanaan Strategi Duta Besar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Tapaktuan” ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh XI IPS SMA Negeri 1 Tapaktuan. Adapun materi yang digunakan ialah Proses Masuk dan Berkembangnya Penjajahan Bangsa Eropa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapaktuan yang berjumlah 54 siswa dan terdiri dari 2 kelas, dan sampel yang digunakan ialah kelas XI IPS 2, yang terdiri dari 28 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan tes dan dokumentasi. Adapun tahap teknik analisis data dalam penelitian ini adalah (1) menghitung nilai rata-rata; (2) menghitung varians dan simpangan baku; (3) uji normalitas sebaran data; (4) uji homogenitas varians; dan (5) uji-t Berdasarkan tahap analisis data tersebut maka diperoleh: nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas control adalah 80,75: 71,81. Varians dan simpangan baku kelas eksperimen adalah: 114,27 dan 10,69, sedangkan kelas kontrol 95,26 dan 9,79. Ujinormalitas kelas eksperimen adalah 5,15 dan kelas kontrol 4,42. Uji homogenitas varians tesakhir kelas eksperimen dan kontrol adalah 1,19 dan hasil uji-t adalah 0,44. Hasil penelitian yang didapat adalah pelaksanaan strategi duta besar berpengaruh terhadap belajar IPS siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Tapaktuan. Hal ini dibuktikan berdasarkan analisis data di atas bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Sebaran data nilai tes akhir siswa pada kelas eksperimen dan kelas control berdistribusi normal berdasark antaraf signifikan diperoleh X2hitung< X2tabel yaitu 5,15 < 7,81 dan 4,42 < 7,81. Untuk uji homogenitas Fhitung ≥ Ftabel = 1,19 ≤ 1,92, maka varians data kelas eksperimen dan data kelas control homogen. Hasil uji-t dalam pelaksanaan strategi duta besar berpengaruh terhadap belajar IPS siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Tapaktuan. Diperoleh uji-t yaitu thitung= 0,44 sedangkan > ttabel = 2,00, berarti bahwa thitung > ttabel atau 0,44 > 2,00. Dengan demikian sesuai kriteria pengujian, maka signifikan. Artinya penggunaan strategi duta besar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH STRATEGI BELAJAR CARD SORT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LHOONG ACEH BESAR (Rika Rahmalia, 2019)

PENGARUH STRATEGI BELAJAR BATU LONCATAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 1 MEUREUDU (AMELIA SHALEHA, 2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN STRATEGI READING QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (SRI WAHYUNA, 2019)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BUKIT DAN SMA NEGERI 2 BUKIT BENER MERIAH (supianiko, 2015)

PENGARUH STRATEGI DALANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 ARONGAN LAMBALEK KABUPATEN ACEH BARAT SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2018/2019 (Ramalisa, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy