//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP PEMAHAMAN NILAI NASIONALISME SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NABILLA BALQIS - Personal Name
SubjectTEACHING
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap Pemahaman Nilai Nasionalisme Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Banda Aceh” ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap pemahaman nilai nasionalisme siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Banda Aceh yang berjumlah 90 siswa terdiri dari 3 kelas, dan sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) secara homogenitas kedua kelas yang dijadikan sampel bersifat homogen. Hasil ini dapat diketahui dari hasil uji hipotesis dengan hasil perhitungan Fhitung < Ftabel yakni Fhitung = 1,49 dan Ftabel = 1,85, (2) untuk uji normalitas kelas kontrol diperoleh X2 hitung = 2,33 dan X2 tabel = 7,81 dan uji normalitas kelas eksperimen di peroleh X2 hitung = 2,37 dan X2 tabel = 7,81, maka dapat dikatakan data kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal, (3) hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dan diperoleh nilai thitung = 11,1 dan nilai ttabel = 1,67 pada taraf signifikan α = 0,05 (uji dua pihak) dengan dk = 58 dan kriteria Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan pemahaman nilai nasionalisme siswa, hal ini diketahui dari nilai rata-rata siswa pada setiap kelas setelah dilakukan penelitian. Pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran value clarification technique (vct) nilai rata-rata siswa adalah 82,1, sementara pada kelas kontrol yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional nilai rata-rata siswa adalah 59,9.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL (Desi Aria Mustika, 2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 9 BANDA ACEH (, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NAZARIATUN NAJMI, 2015)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Heriyansyah Putra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy