//

DAMPAK KEBERADAAN OBJEK WISATA WADUK JEULIKAT TERHADAP PENDAPATAN GAMPONG, KOTA LHOKSEUMAWE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LUKMAN MAULANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Lukman Maulana. 2019. Dampak Keberadaan Objek Wisata Waduk Jeulikat Terhadap Pendapatan Gampong Jeulikat, Kota Lhokseumawe. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. T.M Jamil, M.Si, (2) Irma Anggraini, S,Pd, M.Pd. Kata Kunci: Objek wisata, Dampak wisata terhadap pendapatan Gampong Jeulikat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak objek wisata terhadap kesempatan kerja bagi masyarakat, untuk mengetahui pendapatan masyarakat yang bekerja pada objek wisata setelah dan sebelum adanya objek wisata, untuk mengetahui dampak keberadaan objek wisata terhadap Pendapatan Asli Gampong (PAG). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara langsung terhadap responden dari beberapa kriteria yaitu Geuchik Gampong, pengelola objek wisata, karyawan wisata, dan masyarakat setempat yang menjadi pedagang disekitar area wisata. Hasil penelitian menunjukkan keberadaan objek wisata Waduk Jeulikat memberikan dampak ekonomi positif bagi desa dan masyarakat. Keberadaan objek wisata yang kepemilikannya dimiliki oleh pribadi yaitu Pak Suhaidi Yahya banyak memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat seperti menjadi karyawan, pengelola dan pedagang sekitar yang mana penyerapan kerja untuk saat ini sudah mencapai 40%, dan karyawan yang bekerja berjumlah 90% dari masyarakat gampong Jeulikat. Pernyataan responden mengindikasikan terjadinya peningkatan dari segi pendapatan masyarakat dengan rata-rata meningkat sebesar 20% - 25% setelah mereka bekerja di objek wisata. Pernyataan dari Geuchik Gampong dan pengelola wisata menyatakan bahwa dengan adanya objek wisata ini telah membantu terhadap pendapatan asli gampong (PAG) setiap tahunnya yang dijadikan khas gampong yang dipergunakan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa/gampong. Lebih dari itu keberadaan objek wisata ini juga berdampak pada pembangunan sarana dan prasarana di kawasan tersebut.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DAMPAK KEBERADAAN OBJEK WISATA WAHANA IMPIAN MALAKA 69 BAGI PEREKONOMIAN MASYARAKAT KECAMATAN KUTA MALAKA KABUPATEN ACEH BESAR (ARINAL MIRDHA, 2017)

DAMPAK OBJEK WISATA KRUENG BARU TERHADAP KEHIDUPAN EKONOMI MASYARAKAT GAMPONG KAYE ACEH (Evi Safrida, 2017)

HOTEL RESORT WADUK KEULILING DI ACEH BESAR (Rico Juniardi, 2014)

WADUK KEULILING DAN PERUBAHAN MATA PENCAHARIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS DI GAMPONG BAK SUKON KECAMATAN KUTA COT GLIE KABUPATEN ACEH BESAR) (SAFIRA FULKIA, 2018)

DAMPAK KUNJUNGAN WISATAWAN TERHADAP MASYARAKAT LAMPULO BANDA ACEH (WIDYA MAULINA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy