//

DINAMIKA PEMERINTAHAN MUKIM DI ACEH BESAR PASCA KEMERDEKAAN INDONESIA (1946-2017)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Akmal Zakiyya - Personal Name

Abstrak/Catatan

Skripsi ini berjudul "Dinamika Pemerintahan Mukim di Aceh Besar Pasca Kemerdekaan Indonesia (1946-2017)". Rumusan permasalahan mengenai bagaimana kedudukan, tugas, dan fungsi pemerintahan mukim di Aceh Besar, dan bagaimana persepsi masyarakat mengenai perkembangan Mukim di Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedudukan, tugas dan fungsi pemerintahan mukim di Aceh Besar pada masa sekarang, dan untuk mengetahui persepsi masyarakat mengenai perkembangan mukim di Aceh Besar. Adapun penelitian ini menggunakan metode historis (sejarah), dan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari, Perpustakaan dan Museum Prof. Ali Hasjmy, Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh (PDIA), Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh, dan instansi yang terkait seperti Kantor Camat Kuta Malaka, Kantor Camat Darul Kamal dan Kantor Camat Lhoong, serta wawancara dengan tokoh-tokoh yang terkait dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemerintahan mukim di Aceh Besar mulai berubah setelah kemerdekaan Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari kedudukan, tugas dan fungsi pemerintahan mukim. Adapun kedudukan mukim di Aceh Besar sampai hari ini masih tetap ada, tetapi tugasnya sudah berubah, segala keperluan masyarakat ditujukan kepada kantor camat, tidak ditujukan lagi ke mukim, dahulu mukim berada di bawah sultan namun sekarang mukim berada di bawah camat. Sedangkan pandangan masyarakat mengenai kedudukan mukim sekarang ini mulai terlupakan, bahkan ada sebagaian masyarakat yang tidak mengetahui mengenai keberadaan mukim karena semuanya sudah dialihkan ke kecamatan. Sehingga peran mukim dalam masyarakat mulai berkurang. Padahal sistem pemerintahan mukim di Aceh merupakan salah satu warisan dari Kesultanan Aceh Darussalam yang harus tetap di perkuat keberadaanya. Karena mempunyai nilai sejarah yang sangat penting bagi rakyat Aceh di masa yang akan datang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN MUKIM DALAM MEMPERKUAT KEARIFAN LOKAL DI ACEH(SUATU KAJIAN DI MUKIM SIEM, KECAMATAN DARUSSALAM,KABUPATEN ACEH BESAR) (Muzakir, 2017)

PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JASA DAN PERANAN TOKOH PEJUANG DALAM MEMPROKLAMASIKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS V SDN MONTASIK ACEH BESAR (Susilawati, 2014)

PERSEPSI APARATUR PEMERINTAHAN DESA TERHADAP KINERJA PENDAMPING DESA DI MUKIM SEJAHTERA KECAMATAN KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN (Fajri Yulizar, 2018)

EKSISTENSI PEMERINTAHAN MUKIM LUTUENG KECAMATAN MANEE KABUPATEN PIDIE DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM (Teuku Busra, 2016)

DINAMIKA SOSIAL EKONOMI WANITA PENJUAL SIRIH DI KOTA BANDA ACEH PASCA TSUNAMI, 2005-2017 (Alvi Zuhra, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy