//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMK NEGERI 1 GUNUNG MERIAH KABUPATEN ACEH SINGKIL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irawita - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
STUDENT
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Irawita. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di Kelas XI SMK Negeri 1 Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Musfiana, MM., (2) Dr. Nazaruddin, SE, M.Ed Kata Kunci: Model Pembelajaran, Project Based learning, Kewirausahaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran kewirausahaan di kelas XI SMK Negeri 1 Gunung Meriah, (2) ketuntasan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran kewirausahaan di kelas XI SMK Negeri 1 Gunung Meriah, (3) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran kewirausahaan di kelas XI SMK Negeri 1 Gunung Meriah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI program Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Gunung Meriah sejumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket observasi guru untuk mengetahui kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran project basd learning, soal tes untuk mengukur ketuntasan hasil belajar siswa, lembar observasi afektif siswa dan lembar pikomotorik siswa, angket untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran project based learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran kewirausahaan berhasil dan memperoleh skor rata-rata 100%. (2) ketuntasan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran project based learning pada ranah kognitif memperoleh skor rata-rata yaitu sebanyak 92,5 %, ranah afektif 90% dan pada ranah psikomotorik 100%. (3) respon siswa terhadap model pembelajaran project based learning memperoleh skor rata-rata yaitu 65,03% hal ini dinyatakan bahwa siswa memberikan respon yang baik terahadap model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran kewirausahaan. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah model pembelajaran project based learning efektif diterapkan pada mata pelajaran kewirausahaan di kelas XI SMK Negeri 1 Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMAN 11 BANDA ACEH (Aulia Nur, 2016)

THE USE OF VIDEO-BASED LEARNING FOR THE IMPROVEMENT OF STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT (Riski Agustina, 2014)

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN KUBUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 UNGGUL PAGAR AIR (SHELLA NOVILASARI, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF, KREATIVITAS SISWA DAN RESPON SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI MAN 1 SIGLI KABUPATEN PIDIE (Nawalul Faizin, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy