//

EVALUASI MEDICATION ERROR PADA RESEP PASIEN ANAK RAWAT INAP DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NOVIKA WAHYUNI - Personal Name
Fakultas Fakultas mipa
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Evaluasi kejadian medication error telah dilakukan pada resep pasien anak rawat inap di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan gambaran kejadian medication error yang terjadi, menentukan persentase angka kejadian pada setiap fase dan menentukan fase dengan angka kejadian tertinggi. Penelitian ini merupakan penelitian observatif dengan metode survei deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling selama satu bulan dan diperoleh sampel sebanyak 83 lembar resep. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kejadian medication error terjadi pada seluruh sampel penelitian (n=83). Persentase kejadian tertinggi didapatkan pada fase transcribing (67,01%) dan persentase kejadian pada fase lainnya yaitu fase prescribing (31,72%), fase dispensing (0,12%), dan fase administering (1,15%). Medication error tertinggi pada fase prescribing, fase transcribing, fase dispensing, dan fase administering masing-masing terjadi pada parameter tidak adanya penulisan tinggi badan pasien, tidak lengkap atau tidak adanya penulisan kekuatan sediaan obat kesalahan pada saat pengambilan obat dengan kekuatan sediaan yang tidak tepat, dan obat yang tersisa di samping bed atau loker pasien. Kata kunci: Medication error, resep, pasien anak rawat inap

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI MEDICATION ERROR PADA PASIEN RAWAT INAP AKUT DI RUMAH SAKIT JIWA PROVINSI ACEH (ALFIA RAHMATINA, 2018)

EVALUASI MEDICATION ERROR PADA PERESEPAN POLIFARMASI PASIEN HIPERTENSI RAWAT INAP DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN PERIODE FEBRUARI-APRIL 2016 (Farah Meishara, 2016)

EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK MENGGUNAKAN METODE GYSSENS PADA PASEIN INFEKSI ULKUS KAKI DIABETIK DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (DESI JANNATI, 2018)

HUBUNGAN LAMA RAWAT INAP DENGAN TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA 8 - 11 TAHUN DI BANGSAL ANAK RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (MURTAZA, 2015)

EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PROFILAKSIS PADA PASIEN RAWAT INAP TRAUMA ORTOPEDI DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (AULAN NISA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy