//

UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN DESKRIPSI KELAS IV SDN 46 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khatami Gunawan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Gunawan, Khatami. 2018. Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Deskripsi Kelas IV SDN 46 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Muhammad Idham, S.Pd., M.Ed., Drs. M. Husin Affan, M.Pd. Kata Kunci: upaya guru, kemampuan siswa, menulis karangan deskripsi Penelitian ini mengangkat masalah bagaimanakah upaya guru meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi di kelas IV SDN 46 Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang upaya guru meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi kelas IV SDN 46 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dan Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 46 Kota Banda Aceh. dengan subjek penelitian sebanyak 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Observasi dilakukan terhadap kegiatan pembelajaran guru kelas IV di SD Negeri 46 Kota Banda Aceh, yang meliputi penjelasan guru, keaktifan proses pembelajaran, dan suasana kelas. Data hasil observasi guru mengajar menunjukan bahwa guru melakukan upaya-upaya pembelajaran. Seperti guru memberi contoh menulis karangan deskripsi yang bervariasi, saat proses belajar mengajar berlangsung. Dari hasil observasi dapat disimpulkan bahwa upaya guru mengajar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi. Tugas dan LKS yang diberikan yaitu menulis karangan deskripsi, yang dapat digali dari hasil evaluasi yang diberikan, dengan menentukan atau memilih tema atau topik karangan, menetapkan judul, menetapkan tujuan, mengumpulkan ide ide tau isi, dan menggunakan tanda baca pada tempatnya. Dari hasil menunjukan bahwa dari 24 lembar tugas dan LKS yang diberikan, tergolong cukup mampu dalam menyelesaikan tugas dan LKS dalam menulis karangan deskripsi, 23 orang tergolong cukup mampu dan 1 orang tergolong kurang mampu. Data hasil wawancara terhadap guru kelas IV SDN 46 Kota Banda Aceh dari upaya guru meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan deskripsi guru yang mengajar tampak jelas dalam pemberian pengembangan, penguatan, serta contoh-contoh yang diberikan kepada siswa cukup bervariasi sehingga siswa tertarik terhadap penjelasan guru. Ini berakibatkan siswa cukup mampu menerima apa yang dijelaskan guru dan siswa cukup mampu mengaplikasikan dengan menulis karangan deskripsi. Simpulan dari upaya guru meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan deskripsi sudah tercapainya tujuan pembelajaran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA GURU MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD NEGERI 22 BANDA ACEH (Cut Adelina, 2019)

PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TANPA MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 3 BANDA ACEH (farha, 2015)

KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 BANDA ACEH (WILDA AZLINA, 2015)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP MUSLIMAT SAMALANGA MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF (Nurmutia Herlina, 2018)

KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI PADA KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (Evi Risnawati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy