//

KAJI PERFORMA POMPA SENTRIFUGAL PADA BEBERAPA VISKOSITAS FLUIDA DENGAN PENDEKATAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAGHFIRATUL WENDY - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pompa sentrifugal merupakan salah satu mesin yang paling banyak digunakan di berbagai industri. Fungsi utama dari pompa sentrifugal adalah untuk mengubah tenaga mekanis dari suatu sumber tenaga (penggerak) menjadi tenaga kinetis (kecepatan), dimana tenaga ini berguna untuk mengalirkan cairan dan mengatasi hambatan yang ada sepanjang pengaliran. Viskositas adalah ukuran yang menyatakan kekentalan suatu cairan atau fluida. Kekentalan merupakan sifat cairan yang berhubungan erat dengan hambatan untuk mengalir. Oleh karena itu, perlu dilakukan kajian tentang performa dari pompa sentrifugal pada beberapa viskositas fluida dengan pendekatan Computational Fluid Dynamic (CFD). Simulasi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari viskositas fluida terhadap performa dari pompa sentrifugal. Pompa sentrifugal memiliki geometri dengan panjang diameter inlet 25 mm dan diameter outlet 22 mm. Tipe mesh yang digunakan simulasi ini yaitu tetrahedral. Dari hasil analisis simulasi pada pompa sentrifugal dengan variasi viskositas fluida menggunakan pendekatan CFD (Computational Fluid Dynamic) dapat disimpulkan bahwa nilai performa pompa sentrifugal yang dihasilkan fluida air lebih efisien dibandingkan tiga fluida lainnya yaitu fluida oli jenis SAE30, fluida oli jenis SAE40, fluida oli jenis SAE50, dimana efisiensi yang dihasilkan lebih besar dibandingkan fluida lainnya yaitu 13,07, daya poros yang dibutuhkan lebih rendah dibandingkan dengan fluida lainnya yaitu 0,14 kw, dan head 0,15 m.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAWATAN PADA POMPA SETRIFUGAL DI INSTALASI PENGOLAHAN AIR PDAM TIRTA DAROY KOTA BANDA ACEH (Fariz Hidayat, 2018)

MENGHITUNG EFISIENSI MEKANIS BOILER FEED WATER PUMP TYPE HXR 355 LA PADA PT. EAS PLTU NAGAN RAYA (Shahibul Fajar, 2016)

ANALISA UNJUK KERJA BOILER FEED PUMP KAPASITAS 534 M^3/H TEKANAN 9 MPA DI PT. PLN SEKTOR NAGAN RAYA (M. Yusuf, 2017)

PERENCANAAN COLD STORAGE PORTABLE UNTUK KAPASITAS 50 KG MENGGUNAKAN CFD (COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC) (Jamer Erix Exstrada, 2017)

ANALISA MEKANISME KEGAGALAN MATERIAL STAINLESS STEEL 17-4 PH POROS POMPA SENTRIFUGAL (Mukhliansyah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy