//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVETIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 6 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ismaini - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ismaini. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir KritisSiswa SMA Negeri 6 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing. (1) Dr. A. Halim, M.Si, (2) Drs.Ngadimin, M.Si Kata Kunci: Kooperatif Tipe Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kritis. Pembelajaran fisika disekolah sering mengalami kendala, Pembelajaran yang diterapkan kurang mendorong siswa untuk berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 6 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada kelas eksperimen dan kemudian dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dengan sampel kelas X IA1 dan kelas X IA3 yang dipilih secara purposive sampling berdasarkan pertimbangan guru bidang studi Fisika. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian test dari kedua kelas tersebut. Data hasil penelitian diuji menggunakan uji t untuk melihat ada tidaknya perbedaan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan uji t diperoleh nilai t =2,50 adalah lebih besar dibandingkan t tabel hitung =1,67 untuk taraf signifikan 5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai tes kemampuan berpikir kritis antara kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan pembelajaran konvensional pada siswa SMA Negeri 6 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI KEMAMPUAN NUMERIK DAN KEMAMPUAN VERBAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Alfiza Joan Destria, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI PAJAK DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP PESAWAT SEDERHANA DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Marliza, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (DEVI AULIA RACHMAYATI, 2015)

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Lia Fitria, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy