//

PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN MAHASISWA FISIKA DALAM MENGGUNAKAN ALAT UKUR DASAR FISIKA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Oka Melawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Melawati, Oka. 2019. Pengembangan Tes Keterampilan Mahasiswa Fisika Menggunakan Alat Ukur Dasar Fisika. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Ngadimin, M.Si., (2) Drs. Soewarno S, M.Si Kata Kunci: Tes Keterampilan, Mahasiswa, Alat Ukur Dasar Fisika, Rubrik Penilaian Pembelajaran tentang alat laboratorium sering dilakukan. Namun, pada akhir pembelajaran yang sering dilakukan adalah tes pengetahuan. Sedangkan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa jarang dilakukan tes, padahal keterampilan merupakan bagian dari kompetensi yang harus dicapai. Hal ini dapat disebabkan karena belum tersedianya perangkat tes yang dapat digunakan untuk mengukur keterampilan. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian tentang pengembangan tes keterampilan mahasiswa fisika menggunakan alat ukur dasar fisika di laboratorium Pendidikan Fisika Fkip Unsyiah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh perangkat tes keterampilan menggunakan alat ukur dasar fisika yang valid pada mahasiswa prodi pendidikan fisika. Produk yang dihasilkan berupa instrumen penilaian dalam bentuk rubrik dengan skala 1-3. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: 1) Perencanaan; 2) Pengembangan; dan 3) Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi instrumen diperoleh persentase sebesar 80% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil persentase rerata kinerja praktikan menggunakan jangka sorong sebesar 90,3%, mikrometer 92,1%, voltmeter 81,5%, dan ampermeter sebesar 81,6%. Artinya, persentase rerata kinerja praktikan dikategorikan sangat layak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KORELASI NILAI UJIAN NASIONAL FISIKA DENGAN NILAI FISIKA DASAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA TAHUN MASUK 2017 (Fadilah Nikosasih, 2019)

KORELASI HASIL BELAJAR FISIKA MATEMATIKA I DAN FISIKA MATEMATIKA II TERHADAP MATA KULIAH FISIKA KUANTUM PADA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA (Fitri Anita Sari, 2016)

PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KETERAMPILAN EKSPERIMEN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA ANGKATAN 2012 FKIP UNSYIAH (khairunnisa, 2014)

PENGETAHUAN MAHASISWA PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) FISIKA TENTANG ALAT LABORATORIUM PADA MATA KULIAH ALAT UKUR DAN PENGUKURAN (Muhammad Irvan, 2017)

KESIAPAN MAHASISWA FISIKA MENJADI GURU SETELAH MENGIKUTI MAGANG III DI FKIP UNSYIAH (MAGHFIRAH AZ ZAHRA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy