//

PENENTUAN KADAR FORMALDEHID DALAM IKAN KERAPU MACAN (EPINEPHELUS FUSCOGUTTATUS)PADA PENYIMPANAN SUHU KAMAR MENGGUNAKAN ASAM TRIKLORO ASETAT (TCA) SEBAGAI EKSTRAKTAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HENNY ELISA - Personal Name
SubjectFISH
FORMALDEHYDE - HUMAN TOXICOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian mengenai penentuan kadar formaldehid dalam ikan kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) pada penyimpanan suhu kamar menggunakan TCA (Asam Trikloro Asetat) sebagai ekstraktan. Adapun tujuan dari penelitian ini menentukan kadar formaldehid yang terbentuk pada jaringan ikan kerapu macan (Ephinephelus fuscoguttatus) menggunakan TCA (Asam Trikloro Asetat) sebagai ekstraktan. Hasil yang diperoleh dari analisis menggunakan metode sokhletasi, terjadi penurunan kadar formaldehid dengan lamanya waktu penyimpanan. Kadar formaldehid tertinggi pada waktu penyimpanan 18 jam dengan kadar 58,56 ppm. Uji TVB dilakukan untuk melihat mutu dari ikan yang telah disimpan selama proses penyimpanan suhu kamar (18, 20, dan 22 jam). Diperoleh kadar TVB tertinggi pada waktu penyimpanan 22 jam dengan kadar 135,52mg-N/100 gram. Kata Kunci: Ikan kerapu macan, formaldehid, suhu kamar, pelarut TCA (Asam Trikloro Asetat).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENENTUAN KADAR FORMALDEHID DALAM IKAN KERAPU MACAN (EPINEPHELUS FUSCOGUTTATUS) PADA PENYIMPANAN SUHU BEKU MENGGUNAKAN ASAM TRIKLORO ASETAT (TCA) SEBAGAI EKSTRAKTAN (MAISURI, 2014)

PENGARUH VARIASI PELARUT DAN WAKTU PENYIMPANAN TERHADAP KADAR FORMALDEHID DALAM IKAN KERAPU MACAN (EPINEPHELUS FUSCOGUTTATUS) PADA PENYIMPANAN SUHU KAMAR (Nanda Puspa Kemala, 2016)

PENENTUAN KADAR FORMALDEHID DALAM IKAN KERAPU MACAN (EPHINEPHELUS FUSCOGUTTATUS) PADA PENYIMPANAN SUHU KAMAR MENGGUNAKAN ASAM PERKLORAT (HCLO4) SEBAGAI EKSTRAKTAN (desi arfiyanti, 2014)

PENENTUAN KADAR FORMALDEHID DALAM IKAN KERAPU MACAN (EPINEPHELUS FUSCOGUTTATUS) PADA PENYIMPANAN SUHU BEKU MENGGUNAKAN ASAM PERKLORAT (HCLO4) SEBAGAI EKSTRAKTAN (Rossy Hajmaini, 2014)

PENENTUAN KADAR FORMALDEHID DALAM IKAN KERAPU CANTANG (EPINEPHELUS SP) PADA PENYIMPANAN SUHU KAMAR DENGAN MENGGUNAKAN ASAM TRIKLORO ASETAT (TCA) SEBAGAI EKSTRAKTAN (Sofia Munira, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy