//

PENGARUH MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI TK HJ CUT NYAK AWAN LAMBARO ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DAINA SUTRISNA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Daina Sutrisna. 2018. (Pengaruh Media Gambar Seri terhadap Perkembangan Bahasa Anak di TK HJ Cut Nyak Awan Lambaro Aceh Besar). Skripsi, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Israwati, M.Si (2) Rosmiati, S.Pd.I, M.Ed Kata Kunci: Perkembangan bahasa, media gambar seri. Bahasa adalah alat penghubung atau komunikasi antara anggota masyarakat yang terdiri atas individu-individu yang menyatakan pikiran, perasaan dan keinginannya. Mengembangkan bahasa anak salah satunya melalui media gambar seri. Media gambar seri adalah rangkaian kegiatan atau cerita yang disajikan secara berurutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar seri terhadap perkembangan bahasa anak di TK Hj Cut Nyak Awan Lambaro Aceh Besar. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 10 anak, terdiri atas 5 subjek laki-laki dan 5 subjek perempuan. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi dan unjuk kerja. Observasi dilaksanakan sebelum diberikan pelaksanaan penelitian dengan menggunakan media gambar seri. Pembelajaran menggunakan media gambar seri dilaksanakan sebanyak 4 kali yaitu 1 kali observasi awal, dan 3 kali pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan 9 dari 10 anak sudah mampu menceritakan kembali isi cerita dengan baik sesuai gambar dan berekspresi menggunakan gerakan yang tepat tanpa bantuan orang lain. Disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri sangat berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak di TK Hj. Cut Nyak Awan Lambaro Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TANPA MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SD NEGERI 3 BANDA ACEH (farha, 2015)

MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN BUBUR KERTAS DI TK HJ CUT NYAK AWAN ACEH BESAR (AURA RIZKI WAHYUNI, 2019)

KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DI SD NEGERI 2 MATA IE ACEH BESAR (Zahraton Nora, 2018)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING DI TK HJ CUT NYAK AWAN ACEH BESAR (WILLA FUNGA RAHMANY, 2019)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 BANDA ACEH MENULIS TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI (Mona Raisa Hanum, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy