//

PERBEDAAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA SISWA SD NEGERI 54 BANDA ACEH DENGAN SD NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CATUR SINTIA DEWI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Catur Sintia Dewi, 2019. Perbedaan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa SD Negeri 54 Banda Aceh dengan SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Drs. Bukhari, M.Pd (2) Drs. Awaluddin, M. Pd. Kata Kunci: Perbedaan, Penguasaan Kosakata Pembelajaran bahasa di Sekolah Dasar diterapkan pembelajaran literasi seperti membaca, menulis, menyimak, dan berbicara . Semakin banyak membaca semakin meningkat pula pengetahuan kosakatanya. Kosakata adalah pembendaharaan kata atau kekayaan kata yang dimiliki. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui tingkat penguasaan kosakata Bahasa Indonesia siswa SD Negeri 54 Banda Aceh dan SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Penguasaan kosakata adalah kesanggupan atau pemahaman untuk menggunakan sejumlah kekayaan kata serta istilah yang dimiliki oleh suatu bahasa, yang meliputi sinonim, antonim, istilah, arti dalam konteks dan perubahan makna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia siswa SD Negeri 54 Banda Aceh dengan SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif. Sampel penelitian menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh siswa kelas V pada SD Negeri 54 Banda Aceh berjumlah 30 dan siswa kelas V pada SD Negeri Lampeuneurut berjumlah 30. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes soal (30 butir pilihan berganda). Analisis data dengan menggunakan uji-t dua pihak, diperoleh hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung < ttabel atau t hitung = 0,84 < ttabel = 2,04 dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 29, maka Ho diterima dan H a ditolak, yaitu tidak terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia siswa SD Negeri 54 Banda Aceh dengan SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGUASAAN KOSAKATA BAKU BAHASA INDONESIARNSISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 TAKENGONRNACEH TENGAH (mulyadi, 2014)

PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS SIBREH KECAMATAN SUKA MAKMUR KABUPATEN ACEH BESAR (NURAINI, 2019)

KORELASI ANTARA MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 TANAH JAMBO AYE (Nanda Roshita, 2017)

HUBUNGAN MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS VII SMP ISLAM BANDA ACEH (Eri Suriyanti, 2017)

UPAYA GURU BERPRESTASI (TELADAN) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (STUDI KASUS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR (VIRNA AFTALIA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy