//

ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP KOTA SABANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sofya Rahmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci : Keterampilan, proses sains Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri Kota Sabang”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII dari tujuh SMP Negeri di Kota Sabang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Subjek penelitian 127 siswa kelas VIII dari tujuh SMP Negeri Kota Sabang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai KPS keseluruhan sekolah di SMP Negeri Kota Sabang digolongkan masih cukup. Sedangkan nilai KPS per indikator digolongkan sangat rendah. Nilai rata-rata keseluruhan KPS setiap sekolah yaitu sebesar 47,00 dikategorikan cukup. Nilai rata-rata KPS siswa per sekolah SMP Negeri 1 berjumlah 62,69 dikategorikan baik, SMP Negeri 2 dengan nilai 44,24 dikategorikan cukup, SMP Negeri 3 dengan nilai 42,23 dikategorikan cukup, SMP Negeri 4 dengan Nilai 46,66 dengan kategori cukup, SMP Negeri 5 dengan Nilai 49,35 dikategorikan cukup, SMP Negeri 6 dengan Nilai 44,99 dikategorikan dengan cukup, yang terakhir SMP Negeri 7 dengan nilai 38,88 dikategorikan kurang. Nilai indikator KPS untuk kategori observasi (8,94%), klasifikasi (20,42%), memprediksi 920,42%), mengukur (25,90%), menyimpulkan (15,48%), dan berkomunikasi 11,88%).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KOMPONEN EKOSISTEM DI SMK KESEHATAN ASSYIFA SCHOOL BANDA ACEH (Erlina, 2017)

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH TGK. CHIK OEMAR DIYAN ACEH BESAR (Desi Heryani SZ, 2017)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DIPADU PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI MAN KOTA BANDA ACEH (MULYANI, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KABUPATEN BIREUEN (Putri Liana, 2018)

“PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENUGASAN DAN KETRAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI MAN KABUPATEN BIREUEN” (Putri Liana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy