//

PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH PADA SMA NEGERI BUNGA BANGSA DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang JHON WAHIDI - Personal Name
SubjectSCHOOL MANAGEMENT
EDUCATIONAL AID - FINANCIAL MANAGEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH PADA SMA NEGERI BUNGA BANGSA DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA Oleh: Jhon Wahidi NPM:1509200050022 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd. 2. Dr. Niswanto, M. Pd. ABSTRAK Keberhasilan program dana BOS dapat dilihat dalam hal pengelolaan dana dan segala sumberdaya yang ada. Pengelolaan yang baik mampu membantu ketercapaian tujuan program dana BOS yang efektif dan efisien. Tujuan penelitian untuk mengetahui: proses perencanaan, penggunaan dan pelaporan dana BOS pada SMA Negeri Bunga Bangsa Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya tahun 2016. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara: observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara BOS, guru, dan komite sekolah. Hasil penelitian disimpulkan; (1) Proses perencanaan dana BOS berdasarkan dokumen penyusunan RKAS dan RAB BOS. Perencanaan dana BOS sebagian besar digunakan untuk pengembangan standar proses pembelajaran sebesar 43,93%, pengembangan standar sarana dan prasarana pendidikan sebesar 13,76%; (2) Proses penggunaan dana BOS Triwulan I tercatat 25,94%, digunakan untuk pengembangan standar proses pendidikan, untuk standar pembiayaan 21,22%. Triwulan II untuk standar proses pendidikan sebesar 36,68%, dan standar penilaian sebesar 25,37%. Triwulan III sebesar 60,51%digunakan untuk standar proses pendidikan, sedangkan standar sarana dan prasarana 14,49%. Triwulan IV penggunaan terbesar juga untuk pengembangan standar proses pendidikan 53,00%, dan standar penilaian sebesar 15,62%; (3) Proses pelaporan pertanggungjawaban dana BOS sesuai dengan petujuk teknis yang berlaku, bersifat transparan dan telah dievaluasi oleh pihak internal dan eksternal. Kata Kunci: Pengelolaan dan Dana Operasional Sekolah

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 DARUL MAKMUR MENULIS DONGENG (Samsul Rizal, 2014)

KEMAMPUAN LEMPAR LEMBING PADA SISWA SMA NEGERI 3 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Damharius, 2014)

KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA KELAS RENDAH DI SD NEGERI SEUMAYAM KECAMATAN DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (Renita Anggun Sutrisno, 2018)

KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI PADA SISWA SMP NEGERI 6 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Marlina, 2014)

IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MTSN RNKOTA LHOKSEUMAWE (Siti Aminah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy