//

KENDALA GURU DALAM PENANAMAN NILAI KARAKTER CINTA TANAH AIR PADA SISWA DI SD NEGERI 54 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurrahmah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurrahmah 2018. Kendala Guru Dalam Penanaman Nilai Karakter Cinta Tanah Air Pada Siswa di SD Negeri 54 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Drs. Sulaiman, M, Si (2) Dra. Sy. Habibah, M. Pd Kata Kunci : Kendala Guru, Penanaman Nilai Karakter, Cinta Tanah Air. Upaya menanamkan nilai cinta tanah air tidaklah semudah yang dibicarakan atau didiskusikan. Tujuan dan materi nilai cinta tanah air di sekolah-sekolah perlu dirancang secara matang guna melahirkan peradaban baru yang mengedepankan kepentingan tanah air di atas kepentingan pribadi dan membentuk kepribadian siswa yang mencerminkan nilai-nilai pancasila terutama saat berada di lingkungan sekolah. Salah satunya merasa bangga dan mencintai produk-produk dalam negeri seperti pakaian, makanan, mainan dan produk domestik lainnya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh guru dalam menanamkan karakter cinta tanah air pada siswa di SD Negeri 54 Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di SD Negeri 54 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Reduksi Data, Model Data (Data Display) dan Penarikan/Verifikasi Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SD negeri 54 Banda Aceh menghadapi kendala dalam penanaman karakter cinta tanah air yaitu keenam indikator dari karakter terebut, tidak dapat dimasukkan dalam seluruh mata pelajaran, seperti menyukai budaya nusantara, rela berkorban demi nusa dan bangsa, bangga berbangsa dan bertanah air Indonesia, menempatkan kepentingan bangsa dan Negara hanya sering ditanamkan dalam pelajaran tertentu saja. Sedangkan indikator penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar tidak mengalami kendala, karena penggunaan bahasa Indonesia ini dapat diterapkan dalam proses pembelajaran semua mata pelajaran. Akan tetapi terdapat kendala dari lingkungan sekitar siswa, seperti lingkungan pergaulan siswa yang tidak mendukung terbentuknya karakter cinta tanah air pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru menghadapi kendala dalam menanamkan nilai karakter cinta tanah air dikarenakan terkendala dalam penyesuaian dengan mata pelajaran dan juga kondisi belajar siswa baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan pergaulan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA GURU DALAM MENERAPKAN KARAKTER CINTA DAMAI PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 51 KOTA BANDA ACEH (ARIFA RIZKI HALIM, 2019)

PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER KEPADA SISWA OLEH GURU SD NEGERI 37 KOTA BANDA ACEH (Rahmad Maulizar, 2015)

PENANAMAN SIKAP SOSIAL OLEH GURU PKN MELALUI PROSES PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 2,8 DAN 9 KOTA BANDA ACEH (Rismawati, 2016)

USAHA WALI KELAS DALAM MENERAPKAN NILAI KARAKTER SISWA SD NEGERI 31 BANDA ACEH (Nita Wiguna, 2017)

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN BELAJAR DI SD NEGERI 20 BANDA ACEH (YURITA SARTIKA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy