//

APLIKASI MOTIF KERAWANG GAYO PADA HIJAB SYAR’I

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairun Nisak - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Khairun Nisak. 2018 Aplikasi Motif Kerawang Gayo pada Hijab Syar’i. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Fadhilah, M.Pd., (2) Dra. Fitriana, M.Si. Kata Kunci: aplikasi, motif, kerawang Gayo, hijab syar’i Kerawang Gayo merupakan motif-motif ukir pada suku Gayo yang memiliki nilai dan makna tersendiri. Seiring dengan berkembangnya zaman, motif kerawang Gayo sudah banyak dimodifikasikan dari segi motif dan warna yang menarik sesuai dengan keinginan masyarakat. Motif kerawang Gayo terinspirasi dari alam dimana setiap motif dan warna dari kerawang tersebut memiliki makna dan nilai tersendiri, biasanya motif kerawang Gayo diaplikasikan pada pakaian, tas, aksessoris dan lenan rumah tangga. Namun demikian, penulis belum menemukan aplikasi motif kerawang Gayo pada hijab syar’i. Tujuan penelitian mendesain motif kerawang Gayo pada hijab syar’i dan mengaplikasikan motif kerawang Gayo pada hijab syar’i. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen terapan yang dilaksanakan di laboratorium Tata Busana Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, FKIP Unsyiah. Objek penelitian adalah hijab syar’i dengan aplikasi motif kerawang Gayo. Proses pembuatan hijab syar’i dengan aplikasi motif kerawang Gayo adalah mendesain model hijab dan motif hijab, menjahit kerawang Gayo, menjahit hijab dan memasang payet pada hasil bordiran kerawang Gayo. Hasil penelitian penerapan motif pada dua model hijab syar’i dengan model pertama adalah model serut tali kiri dan kanan dengan pengaplikasian motif kerawang Gayo pada sekeliling hijab dan bagian belakang hijab. Sedangkan model kedua adalah model belahan bagian tangan dan kancing depan dengan aplikasi motif kerawang pada sekeliling hijab, bagian belahan lengan dan bagian belakang hijab. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan hijab syar’i dapat diaplikasikan dengan motif kerawang Gayo. Dari kedua model yang dieksperimenkan, responden lebih menyukai hijab syar’i dengan warna hitam yang dipadukan dengan motif pucuk rebung, mata pune, sorak opat dan motif peger karena lebih terkesan tradisional namun tetap elegan.  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN MOTIF KERAWANG GAYO LUES DAN ACEH TENGAH (Yuliawati Ningsih, 2019)

PENGEMBANGAN MOTIF KERAWANG GAYO PADA BUSANA PESTA WANITA DI ACEH TENGAH (Tiara Arliani, 2016)

DESAIN MUKENA DENGAN GAYA TRENDI BERMOTIF TRADISIONAL KERAWANG GAYO (Ayu Deswita, 2018)

MODEL HIJAB SYAR’I MULTIFUNGSI BAGI REMAJA MUSLIMAH (Malisga Afwica, 2018)

PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP MAKNA DARI MOTIF KERAWANG GAYO (SUATU PENELITIAN PADA KECAMATAN TIMANG GAJAH KABUPATEN BENER MERIAH) (Eliya Anita, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy