//

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI MAN 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Arief Muliandi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Laboratorium merupakan bagian penting dalam kegiatan pembelajaran fisika di sekolah. Namun demikian, kegiatan pembelajaran di MAN 3 Banda Aceh masih jarang menggunakan fasilitas laboratorium. Penting dilakukan penelitian berkaitan dengan pemanfaatan laboratorium dalam pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan laboratorium dalam pencapaian hasil pembelajaran fisika di MAN 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan membandingkan antara kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan laboratorium dan kelas kontrol yang tidak diajarkan menggunakan laboratorium setelah diberi perlakuan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIA di MAN 3 Banda Aceh. Sampel penelitian dipilih secara purposive sampling, yang terdiri dari kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian terdiri dari pre-test dan post-test. Sementara itu data penelitian dianalisis menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai pre-test berdistribusi normal dan homogen. Kemudian berdasarkan uji-t diperoleh, t_hitung (4.118) ≥ t_tabel (1,67). Dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran fisika menggunakan laboratorium lebih baik dibandingkan pembelajaran yang tidak menggunakan laboratorium pada siswa MAN 3 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Shely Apriani, 2018)

PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA N 3 TAKENGON KAB. ACEH TENGAH (Suli Paulina, 2013)

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT LABORATORIUM FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 8 BANDA ACEH PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN (Mestika Anggun Kencana, 2016)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN QUIZ CREATOR TERHADAP EVALUASI HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X IA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Deviani Revana, 2016)

EFEKTIVITAS PEMANFAATAN POTENSI LINGKUNGAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (NUR AFIFAH YUSNI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy