//

STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE TERHADAP PENULISAN ESAI SEJARAH PADA SISWA KELAS XII IPA DI SMAN 1 SEULIMEUM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Edil Febriani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian yang berjudul “Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write terhadap Penulisan Esai Sejarah pada Siswa Kelas XII IPA di SMAN 1 Seulimeum” ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pembelajaran Think-Talk-Write sebagai salah satu strategi terhadap penulisan esai sejarah siswa kelas XII IPA di SMAN 1 Seulimeum. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA di SMAN 1 Seulimeum yang berjumlah 3 rombel dengan keseluruhan 65 siswa. Peneliti mengambil subjek pada kelas XII IPA 1 dengan jumlah 21 siswa yang terdiri dari 5 siswa dan 16 siswi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes berbentuk penugasan. Berdasarkan hasil analisis kemampuan siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis esai sejarah terdapat 14 dari 21 siswa (66,66%) sudah mampu dalam mengembangkan keterampilan menulis esai sejarah dengan baik. Selebihnya, 7 siswa (33,33%) belum mampu mengembangkan keterampilan menulis esai sejarah dengan baik. Jadi, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis esai sejarah sudah cukup baik, dilihat dari banyaknya siswa yang sudah mampu mengembangkan keterampilan menulis esai sejarah dengan baik, baik dari aspek kesesuaian isi dengan topik, aspek pola pengembangan paragraf, aspek struktur kalimat, dan aspek ejaan. Dengan demikian, strategi pembelajaran Think-Talk-Write efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis esai sejarah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEH (M. Yunus, 2013)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (Nori Arjuliadi, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI ALJABAR YANG MELIBATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (Fadhilah Ladia, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII5 PADA MATERI CAHAYA DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (fauziah mutia, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (MAHDARUL HUSAINA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy