//

KENDALA GURU IPA DALAM MERANCANG RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 REVISI DI SMP NEGERI KECAMATAN RANTAU SELAMAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hafi Dhatul Aina - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Aina, Hafidhatul. 2019. Kendala guru IPA dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 di SMP Negeri Se-Kecamatan Rantau Selamat. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Mustafa, M.Pd.,Ph.D (2) Drs. Tarmizi Hamid, M.Pd Kata Kunci: Kesulitan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kurikulum 2013 Dalam proses pembelajaran, guru wajib mengetahui tugas sebagai seorang guru. Untuk menjadi seorang guru yang profesional guru diharapkan mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh Kemendikbud, dimana salah satunya adalah guru harus mengajar dengan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Namun, dengan adanya perubahan kurikulum membuat guru terhambat dalam menyiapkan atau menyusun RPP tersebut. Penyusunan RPP yang kerap dilakukan guru hanya sebatas saja, sehingga kemampuan guru dalam menyusun RPP menjadi terhambat. Hal ini dapat berdampak buruk bagi guru yang kurang mampu dalam menyusun RPP. Hambatan dalam penyusunan RPP tersebut sedikit terbantu dengan adanya kegiatan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dimana kegiatan membahas tentang cara menyusun RPP yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013 dari Kemendikbud. Walaupun demikian masih ada guru yang mengalami kesulitan dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kendala yang dialami oleg guru dalam merancang RPP. Sedangkan sampel penelitian adalah seluruh guru bidang studi IPA di SMP Negeri Se-Kecamatan Rantau Selamat dengan mengingat total populasi tidak banyak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif dimana data yang telah didapatkan saat penelitian akan dijelaskan dalam bentuk uraian. Teknik pengumpulan data dilakukan menyebarkan angket dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil masih ada guru yang mengalami kesulitan dalam merancang RPP Kurikulum 2013. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi guru dalam merancang RPP Kurikulum 2013.  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KENDALA-KENDALA GURU IPS DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 DAN MENERAPKANNYA (SUATU STUDY PADA SMP NEGERI 4 TEUPAH BARAT KABUPATEN SIMEULUE). (Gundawari, 2019)

KESESUAIAN FORMAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (REVISI) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA KABUPATEN BENER MERIAH (Sinta Shapriana Dewi, 2018)

KESULITAN-KESULITAN GURU KELAS DALAM MERANCANG RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI LAMTEUNGOH KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (RAHMAN FELDA, 2018)

PERSEPSI GURU EKONOMI TERHADAP KURIKULUM 2013 EDISI REVISI DI SMA NEGERI BANDA ACEH (Riska Susanti, 2018)

KESESUIAN RANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA OLEH GURU DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH DENGAN TUNTUTAN KURIKULUM 2013 (Syafriska Maulyani, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy