//

TANGGAPAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK TERHADAP PELAKSANAAN SENAM KEBUGARAN JASMANI FKIP UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PUTRA SUKMA CAHYADI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Cahyadi, Putra Sukma. 2019. Tanggapan Mahasiswa Program Studi Penjaskesrek Terhadap Pelaksanaan Senam Kebugaran Jasmani FKIP Unsyiah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Abdurrahman, M.Kes. (2) Dr. Yeni Marlina, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Tanggapan, Mahasiswa, Senam Kebugaran Jasmani Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan mahasiswa program studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah terhadap pelaksanaan Senam Kebugaran Jasmani. Berdasarkan hasil observasi yang telah peneliti lakukan, peneliti menemukan kendala pada pelaksaan senam yang dilakukan pada mahasiswa penjaskersrek yaitu sudah banyak perubahan atau persyaratan yang dibuat pihak prodi Penjaskesrek yang harus dipenuhi oleh seluruh mahasiswa yang aktif dari mulai aturan senam, disiplin aturan waktu kuliah, dan prasyarat mata kuliah, kendala lainnya pada mahasiswa senam kebugaran jasmani di hari jumat karena kurangnya kesadaran atau keinginan terhadap dirinya untuk mengikuti senam di hari jumat hanya datang sekedar mengabsensi kartu kehadiran senam, dan sekedar melakukan gerakan senam yang diperagakan oleh instruktur senam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif, dengan metode pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa Pendidikan Olahraga FKIP Unsyiah yang berjumlah 243 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Purposive Sampling, yang menjadi sampel dalam penelitian ini di ambil sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket, dan angket tersebut diisi oleh responden sesuai dengan alternatif jawaban. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, diperoleh data yang menunjukkan bahwa Tanggapan Mahasiswa Program Studi Penjaskesrek Terhadap Pelaksanaan Senam Kebugaran Jasmani FKIP Unsyiah sesuai dengan variabel yang diharapkan, yaitu emosional, disiplin, sarana dan prasarana, aktivitas, unsur paksaan, serta sanksi eksternal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa respons mahasiswa terhadap kegiatan Senam Kebugaran Jasmani relatif positif, serta kegiatan Senam Kebugaran Jasmani harus tetap dilaksanakan dan ditingkatkan intensitasnya guna meningkatkan kedisiplinan dan kebugaran jasmani mahasiswa Penjaskesrek Unsyiah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TANGGAPAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK TERHADAP PELAKSANAAN SENAM KEBUGARAN JASMANI FKIP UNSYIAH (PUTRA SUKMA CAHYADI, 2019)

MINAT MAHASISWA PENJASKESREK FKIP UNSYIAH SEBAGAI INSTRUKTUR SENAM KEBUGARAN JASMANI (Ari Suhada, 2017)

PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA SEBELUM DAN SESUDAH KULIAH I SEMESTER PADA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH ANGKATAN 2018 (Aulia Rizki Al Sobari, 2019)

DAMPAK SENAM KESEGARAN JASMANI (SKJ) 2008 TERHADAP DENYUT JANTUNG PADA MAHASISWA PENJASKESREK UNSYIAH ANGKATAN 2010/2011 (Midia Pitra, 2016)

MINAT MAHASISWA PROGRAM STUDI PENJASKESREK FKIP UNSYIAH MENJADI PROFESI WASIT CABANG OLAHRAGA SEPAK BOLA (RAHMAT FAUZI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy