//

DINAMIKA DAN SEMIOTIKA KESENIAN RAPA’I PULOET GEURIMPHENG DI KECAMATAN KUTA BLANG KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ALI MURSALAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Dinamika, Semiotika, Rapa’i Puloet Geurimpheng Penelitian ini berjudul “Dinamika dan Senimotika Rapa’i Puloet Geurimpheng di Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen”. Masalah penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sejauh mana keberadaan dan makna syair musik tradisional Rapa’i Puloet Geurimpheng dalam keseharian masyarakat di Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen. Sumber data dalam penelitian adalah pencipta, penerus generasi ke-3, pelatih, penari, pemusik Rapa’i Puloet Geurimpheng sanggar Jeumpa Puteh desa Blang Mee serta masyarakat Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen. Pendekatan yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini menggunakan jenis deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket serta menggunakan analisis data melalui reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil menunjukkan bahwa dalam keseharian masyarakat Rapa’i Puloet Geurimpheng memiliki 7 babak yang menggunakan syair yaitu saleum syech, saleum aneuk syahi, cakrum, tingkah rapa’i, saman, kisah dan gambus/lanie. Keaslian dari Rapa’i Puloet Geurimpheng masih terjaga hingga sekarang hanya ada di desa Blang Mee di sanggar Jeumpa Puteh dan rata-rata masyarakat mengetahui tentang Rapa’i Puloet geurimpheng dan ikut ambil andil dalam melestarikan dan mengembangkannya, ditandai dengan adanya penampilan yang sering dipentaskan di acara pernikahan maupun event-event lainnya. Syair yang digunakan dalam bentuk bahasa Aceh yang berisi tentang nasehat, mengisahkan tentang kisah sejarah masa lalu, perintah dan ajaran kebaikan serta syair yang berupa teka-teki. Didalam syairnya juga terdapat syair terikat dan syair bebas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

BENTUK PENYAJIAN RAPA-I PULOET GEURIMPHENG DI DESA DAYAH BAROE KECAMATAN PEUSANGAN SIBLAH KRUENG KABUPATEN BIREUEN (Syarifah Nadia, 2015)

PERTUNJUKAN RAPA¬’I BUBÈE DI KABUPATEN PIDIE JAYA (Nurul Afni, 2019)

ANALISIS STRUKTUR BENTUK MUSIKAL MUSIK TRADISIONAL RAPA’I UROUH DI SANGGAR RAPA’I UROUH POE TEU MEUREUHOOM KECAMATAN KUTA MAKMUR KABUPATEN ACEH UTARA (putri rizky ramadhani, 2014)

NILAI-NILAI SOSIAL DALAM RAPA’I DEBUS DI KECAMATAN SIMEULUE BARAT (Enda Risna, 2019)

MAKNA PESAN DALAM TARIAN RAPA’I TOP DABOIH (STUDI ANALISIS SEMIOTIK PADA SANGGAR MUTIARA SAKTI DESA INDRA DAMAI KECAMATAN KLUET SELATAN KABUPATEN ACEH SELATAN) (Ahmad Harianto Kaltu, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy