//

PEWARISAN TRADISI MEURAPA’I DESA GLA MEUNASAH BAROE ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syafriruddin - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Pewarisan,Tradisi, Meurapa’i. Penelitian ini berjudul “Pewarisan Tradisi Meurapai Desa Gla Meunasah Baroe Kabupaten Aceh Besar”. Mengangkat tentang bagaimana sistem pewarisan Tradisi Meurapa’i yang dilakukan di Desa Gla Meunasah Baroe Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pewarisan Tradisi Meurapa’i yang dilakukan oleh para pelatih dari generasi ke generasi serta untuk mengetahui mengapa Meurapa’i masih diterima di tengah-tengah masyarakat Desa Gla Meunasah Baroe Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah para pelatih, ketua sanggar, anggota sanggar dan masyarakat Desa Gla Meunasah Baroe Aceh Besar. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Pewarisan Tradisi Meurapa’i di Desa Gla Meunasah Baroe Aceh Besar. Teknik pengolahan dan analisis data dengan mereduksi, penyajian data dan verifikasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pewarisan yang di lakukan di Sanggar Rapai Tuha Desa Gla Meunasah Baroe Aceh Besar secara turun temurun dari kakek ke ayah dan dari ayah di turunkan ke anak. Mengapa Tradisi Meurapai masih diterima sampai hari ini di Desa Gla MeunasahGla Meunasah Baroe Aceh Besar adalah karena keinginan meneruskan Tradisi Meurapa’i.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

BENTUK PENYAJIAN RAPA’I RATEB DI SANGGAR AWAK AWAI DESA GLA MEUNASAH BARO (SEPTIAR NANDA, 2015)

TRADISI KENDURI BLANG DALAM MASYARAKAT MEUNASAH BARO KABUPATEN ACEH BESAR (MISRAZUL MUNA, 2019)

PROSES PEMBUATAN KERAJINAN BATIK ACEH DI DESA MEUNASAH MANYANG KECAMATAN PAGAR AIR KABUPATEN ACEH BESAR (Fitriani, 2016)

PESAN BUDAYA DALAM TARI RANUP LAMPUAN BERDASARKAN TRADISI PEMULIA JAMEE (Ria Herlita, 2014)

PERAN IMAM MEUNASAH DALAM PEMBINAAN SIKAP MORAL REMAJA (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN KAWAY XVI ACEH BARAT) (Lia Rumarza, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy