//

PENGARUH PEMBERIAN ARTIFICIAL SWEETENER TERHADAP PERUBAHAN INDEKS MASSA TUBUH DAN LINGKAR PINGGANG PADA POPULASI NORMAL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SAVIA ULFA - Personal Name
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Obesitas merupakan masalah kesehatan yang melanda di seluruh dunia dan menyebabkan tingginya angka mortalitas, morbiditas, dan beban biaya kesehatan. Salah satu intervensi yang dilakukan untuk menangani obesitas adalah pengaturan pola makan. Artificial sweetener (AS) yang merupakan pemanis pengganti gula menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati sekarang ini untuk mengurangi atau mengontrol berat badan karena dapat memberikan rasa manis tanpa menimbulkan efek glikemik karena kandungan kalorinya yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian artificial sweetener terhadap perubahan indeks massa tubuh (IMT) dan lingkar pinggang (LP) pada populasi normal dan perbandingannya dengan yang tidak mengkonsumsi AS sebagai upaya untuk mengurangi angka obesitas di Indonesia. Jenis penelitian quasi experimental dengan pendekatan non-equivalent control group dan pretest-post test design. Penelitian ini dilakukan selama 12 minggu dari 24 Oktober 2018 sampai 16 Januari 2019 terhadap mahasiswa Fakultas kedokteran Universitas Syiah Kuala. Pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 98 orang yang terbagi menjadi kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Hasil analisis data menggunakan uji t-berpasangan menunjukkan terdapat pengaruh pemberian AS terhadap perubahan IMT populasi normal (p=0,03) tetapi tidak terdapat pengaruh yang bermakna antara pemberian AS terhadap perubahan LP (p=0,19). Hasil statistik dari perbandingan kedua kelompok dengan uji t-tidak berpasangan menunjukkan bahwa kelompok intervensi tidak mengalami perubahan IMT dan LP yang bermakna dibandingkan kelompok kontrol dengan perolehan p-value masing-masing 0,16 dan 0,88. Kesimpulan penelitian ini adalah konsumsi AS memiliki pengaruh yang signifikan terhadap IMT namun tidak terhadap LP. Kata Kunci: Artificial Sweetener, Indeks Massa Tubuh, Lingkar Pinggang.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFIL ANTROPOMETRIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Mecita Afdhilah, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN ARTIFICIAL SWEETENER TERHADAP PERUBAHAN NAFSU MAKAN PADA POPULASI SEHAT (CUT PUTRI AMALIA, 2019)

HUBUNGAN ANTARA LINGKAR LEHER DAN OBESITAS TERHADAP RISIKO OBSTRUCTIVE SLEEP APNEA (ASTI SAUNA MENTARI, 2019)

GAMBARAN LINGKAR PINGGANG DAN IMT PADA PENDERITA STROKE DI RUANG RAWAT INAP DAN POLI SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Dodi Kurniawan, 2015)

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN PENINGKATAN INDEKS MASSA TUBUH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (PUTRI RAHMADHANI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy