//

KONTRIBUSI PENDAPATAN PENGRAJIN TAS BORDIR TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI DESA PENAMPAAN KECAMATAN DELENG POKHKISEN KABUPATEN ACEH TENGGARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sulastri - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sulastri. 2018. Kontribusi Pendpatan Pengrajin Tas Bordir Terhadap Pendapatan Keluarga di Desa Penampaan Kecamatan Deleng Pokhkisen Kabupaten Aceh Tenggara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Ruaida, M.Si (2) Dr. Amiruddin, S.Pd, M.Si Kata Kunci : Kontribusi, Pendapatan Keluarga, Kerajinan Penelitian ini didasarkan dengan tujuan untuk mengetahui total pendapatan rumah tangga pengrajin tas bordir dalam satu bulannya, untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pendapatan pengrajin tas bordir terhadap pendapatan keluarga dalam sebulannya di Desa Penampaan dan untuk mengetahui faktor-faktor pendorong pengrajin memilih kerajinan tas bordir sebagai pekerjaan tambahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel ditetapkan sebanyak 10 orang yang merupakan total keseluruhan dari populasi pengrajin tas bordir. Teknik pengumpulan data menggunakan studi keperpustakaan, observasi dan kuesioner (angket). Sedangkan teknik analisis data yang diperoleh dianalisis tanpa uji statistik melainkan dengan menggunakan rumus persentase jawaban angket dari responden dan rumus rata-rata pendapatan. Hasil penelitian adalah: 1) jumlah kerajinan yang dihasilkan pengrajin tas bordir dalam sebulan sebanyak 20 unit produk yang dihasilkan oleh 6 responden dan ada juga sebagian responden yang menghasilkan produk sebanyak 15, 13, 12, dan 10 unit perbulannya. Dengan mengetahui jumlah produk yang dihasilkan maka pendapatan pengrajin tas bordir sebesar >Rp 1.000.000 sebanyak 4 responden, sedangkan responden lainnya menghasilkan pendapatan sebesar Rp 200.000- 950.000 perbulannya. Maka dapat diketahui total pendapatan pengrajin dari keseluruhan responden adalah sebesar Rp 8.720.000. Dari hasil penelitian maka total pendapatan pengrajin tas bordir dalam keluarga adalah sebesar Rp 20.520.000 dari keseluruhan responden. 2) adapun besarnya kontibusi yang diberikan pengrajin tas bordri terhadap rumah tangganya adalah sebesar 42,50%. 3) ada beberapa faktor yang mendorong para pengrajin memilih kerajinan tas bordir di Desa Penampaan Kecamatan Deleng Pokhkisen sebagai pekerjaan tambahan mereka antara lain: pertama menambah pendapatan keluarga, kedua ingin punya penghasilan sendiri

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONTRIBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN PENGRAJIN EMPING MELINJO TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI DESA DAYAH BEUREUEH KECAMATAN MUTIARA KABUPATEN PIDIE (FAISAL HADI, 2015)

KONTRIBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN PENGRAJIN ATAP NIPAH TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI KECAMATAN SERUWAY KABUPATEN ACEH TAMIANG (Ayu Andriani, 2017)

ANALISIS KONTRIBUSI USAHA INDUSTRI RUMAH TANGGA KERAJINAN ROTAN TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PENGRAJIN ROTAN DI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (HERRY KURNIAWAN, 2015)

KONTRIBUSI PEKERJA PEREMPUAN TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA PADA PABRIK BATU BATA TANJUNG SELAMATRNKECAMATAN DARUSSALAM KABUPATENRNACEH BESAR (Heldarina, 2015)

KONTRIBUSI PENDAPATAN PEREMPUAN TANI PADA USAHATANI PADI SAWAH TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI DESA LHOK KEUTAPANG KECAMATAN TANGSE KABUPATEN PIDIE (Ramadhan, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy