//

ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK SONGKET ACEH MENGGUNAKAN CONJOINT ANALYSIS (STUDI KASUS : BANDA ACEH DAN ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ERMA YUSRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Indonesia sebagai salah satu negara yang kaya akan warisan budaya memiliki ragam ciri khas diantaranya adalah kain tenun. Kain songket merupakan salah satu bentuk kain tenun yang dimiliki oleh hampir setiap daerah. Aceh salah satu daerah penghasil kain songket yang berkualitas. Namun keterbatasan bentuk dari kain songket membuat kain songket tidak mengalami perkembangan. Kain songket hanya digunakan sebagai sarung maupun rok dan selendang. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi yang sesuai dengan keinginan konsumen dengan membuat kain songket dapat dipadukan dengan produk lainnya maka dalam hal ini penelitian bertujuan mengidentifikasi preferensi kosumen terhadap produk yang akan dikombinasikan dengan kain songket agar menghasilkan variasi produk yang dapat digunakan pada setiap kesempatan. Adapun metode yang digunakan untuk membantu menganalisis preferensi konsumen adalah conjoint analysis yaitu sebuah metode yang dapat menganalisis pendapat pelanggan dengan memberikan penilaian pada produk yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima faktor yang sangat mempengaruhi kosumen dalam memilih produk songket berdasarkan tingkat kepentingan tertinggi masing-masing faktor yaitu warna dasar 35.381%, jenis motif 26.650%, jenis produk 16.195%, bahan 11.718% dan warna motif 10.057% sedangkan kombinasi produk yang paling disukai berdasarkan hasil tingkat utilitas tertinggi dari level masing-masing faktor adalah produk pakaian 0.089, dengan warna dasar songket hitam 0.110, warna motif emas 0.012, bahan polister dan bordir 0.059 serta bermotif pinto Aceh 0,089. Kata Kunci: Conjoint Analysis, Preferensi, Faktor, Tingkat Kepentingan, Tingkat Utilitas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KUE KEUKARAH SEBAGAI KUE TRADISIONAL ACEH (Rahmad Ilahi, 2016)

PREFERENSI DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KUE KEMBANG GOYANG SEBAGAI KUE TRADISIONAL ACEH (T Fhonna Rahmatullah, 2019)

PENGARUH KEMASAN, MEREK DAN HARGA TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN BUBUK KOPI DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (chamelia, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI KONSUMEN KOPI BUBUK INSTAN DI KOTA BANDA ACEH (FATMAWATI, 2016)

PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK KUE BHOI KHAS ACEH DI KOTA BANDA ACEH (Jainuddin, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy