//

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DI TK ABDUL AZIZ LAMBADA LHOK KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MELI ORIZA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Oriza, Meli. 2019. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Penggunaan Metode Pembelajaran Eksperimen di TK Abdul Aziz Lambada Lhok, Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Israwati, M. Si. (2) Dina Amalia, S. Psi., M. Sc. Kata Kunci: Kognitif, Belajar dan Pemecahan masalah, Metode Pembelajaran Eksperimen. Perkembangan kemampuan kognitif anak merupakan salah satu aspek perkembangan yang harus dikembangkan sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak dalam belajar dan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, dalam setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas B2 yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data berupa observasi langsung dan unjuk kerja melalui kegiatan eksperimen balon ajaib, susu pelangi dan pencampuran es batu dengan minyak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam kemampuan kognitif anak, pada siklus I anak yang mendapat kriteria BSH sebanyak 2 anak dengan persentase 13%, siklus II diperoleh kriteria BSH 3 anak dan BSB 8 anak dengan persentase 73% dan siklus III kriteria BSH 4 anak dan BSB sebanyak 10 anak dengan persentase 93%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu, kemampuan kognitif anak dapat meningkat melalui penggunaan metode pembelajaran eksperimen di TK Abdul Aziz Lambada Lhok, Kabupaten Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI METODE EKSPERIMEN SAINS DI TK BUNDA KANDUNG DESA MEUNASAH TUTONG ACEH BESAR (AULIA ANANDA, 2019)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING AND ANSWERING (RQA)PADA PERKULIAHAN BOTANI TUMBUHAN RENDAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF (MULYADI, 2014)

PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PUZZLE DI PAUD BUNGONG TANJUNG LAMTIMPEUNG ACEH BESAR (Nurul Jannah, 2016)

ANALISIS KEMISKINAN NELAYAN KECIL DI DESA LAMBADA LHOK KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (DELVINA SARI, 2016)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERCOBAAN SAINS SEDERHANA DI PAUD KARAWARA-WA LAM ATEUK KABUPATEN ACEH BESAR (Muliani, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy