//

ANALISIS NILAI SOSIOKULTURAL CERPEN KARYA VERA HASTUTI DALAM ANTOLOGI CERPEN PEREMPUANBERJANGKAT UTEM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nanda Hestiana - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hestiana, Nanda. 2018. Analisis Nilai Sosiokultural Cerpen Karya Vera Hastuti dalam Antologi Cerpen Perempuan Berjangkat Utem. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Mukhlis, M.Hum., (2) Azwardi, S.Pd., M.Hum. Kata Kunci: nilai sosiokultural, cerpen, antologi cerpen Penelitian ini berjudul “Analisis Nilai Sosiokultural Cerpen Karya Vera Hastuti dalam Antologi Cerpen Perempuan Berjangkat Utem”. Masalah utama yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai sosiokultural cerpen karya Vera Hastuti dalam Antologi Cerpen Perempuan Berjangkat Utem. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai sosiokultural dalam cerpen-cerpen karya Vera Hastuti dalam Antologi Cerpen Perempuan Berjangkat Utem. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka. Data penelitian ini diolah dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Antologi Cerpen Perempuan Berjangkat Utem yang diterbitkan oleh The Gayo Institute pada tahun 2015. Antologi cerpen tersebut terdiri dari dua belas cerpen yang merupakan karya dari Salman Yoga S., Vera Hastuti, dan Irama Br Sinaga yang ditulis dalam dua bahasa, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Gayo. Ketebalan buku 184 halaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cerpen-cerpen karya Vera Hastuti, Poleh, Antara Naik Haji Ibu atau Mahar Calon Istri, Memori di Jembatan Bale, Keresahan Hati Emak, dan Ramadhan Tanpa Ayah mengandung empat belas nilai, yaitu berserah diri kepada Tuhan, meminta perlindungan dan pertolongan dari Tuhan, mempercayai kebaikan dan keburukan berasal dari Tuhan, mempercayai adanya hukuman dari Tuhan, keterkaitan manusia dengan alam, pendayagunaan alam bagi manusia, tolong-menolong, musyawarah, bijaksana, kerja keras, sabar, tanggung jawab, menjaga kebaikan diri, dan hemat. Nilai-nilai tersebut termasuk ke dalam nilai sosiokultural dalam hubungan manusia dengan Tuhan, nilai sosiokultural dalam hubungan manusia dengan alam, nilai sosiokultural dalam hubungan manusia dengan masyarakat, dan nilai sosiokultural dalam hubungan manusia dengan diri sendiri.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM BUKU ANTOLOGI CERPEN KEUMALA KARYA RAMAJANI SINAGA (Iful Rozi, 2016)

DEIKSIS DALAM ANTOLOGI CERPEN PEMBUNUH KETUJUH KARYA HERMAN RN (SRI RAIHANNY, 2017)

ANALISIS KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM ANTOLOGI CERPEN MENGAWINI IBU KARYA KHRISNA PABICHARA (Isra Yurni, 2017)

INTERTEKSTUAL DALAM CERPEN ‘PELAJARAN MENGARANG’ KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA, ‘PEMETIK AIR MATA’ KARYA AGUS NOOR, DAN ‘LAKON MAK DAN AYAH’ KARYA FERHAT (Raudhatul Jannah, 2016)

MENENTUKAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN DUSUN DI LEMBAH SUNYI KARYA MUHAMMAD ALI KEMAMPUAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BAKONGAN (Manzilah, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy