//

PERBEDAAN PARTISIPASI SISWA TERHADAP PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SD NEGERI 54 BANDA ACEH DENGAN SISWA SD NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurmala - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurmala. 2018. Perbedaan Partisipasi Siswa Terhadap Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di SD Negeri 54 Banda Aceh Dengan Siswa SD Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Bukhari, M.Pd., (2) Nurmasyitah, S.Pd, M.Ed Kata kunci: Partisipasi, Perpustakaan Sekolah, Sumber Belajar Salah satu alternatif sumber belajar y ang disediakan sekolah untuk mengembangkan potensi dan pengetahuan siswa adalah perpustakaan. Untuk memajukan perpustakaan sebagai salah satu sumber belajar, sangat dibutuhkan partisipasi siswa dalam penyelenggaraanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi siswa terhadap perpustakaan sekolah di SD Negeri 54 Banda Aceh, untuk mengetahui partisipasi siswa terhadap perpustakaan sekolah SD Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar, untuk mengidentifikasi Perbedaan Partisipasi siswa terhadap perpustakaan antar sekolah tersebut. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 54 Banda Aceh dan seluruh siswa SD Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar.Sampel pada penelitian meliputi siswa SD Negeri 54 Banda Aceh berjumlah 50 orang dan siswa SD Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar berjumlah 50 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, hasil penelitian dianalilis menggunakan uji hipotesis (uji-t) dengan bantuan komputer SPSS versi 22. Berdasarkan jawaban angket, maka hasil yang diperoleh yaitu tingkat partisipasi siswa SD Negeri 54 Banda Aceh memperoleh nilai rata-rata53,9 sedangkan SD Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar memperoleh nilai rata-rata 45,5 dengan perbedaan rata-rata 8,40. Perbedaan nilai rata-rata tersebut signifikan dengan nilai t hitung (6,341) lebih besar dari nilai t tabel (2,01), sehingga hipotesis Ha diterima dan menolak hipotesis H0 , maka simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan partisipasi yang signifikan antara siswa SD Negeri 54 Banda Aceh dengan siswa SD Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar terhadap perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VRNSD NEGERI 2 PEUKAN BADA (MAILA PUSPITA SARI, 2015)

HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (MIRA ZAHARA, 2019)

PERSEPSI SISWA TERHADAP PENERAPAN KELAS LINTAS MINAT FISIKA PADA SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (Nurul Maghfirah, 2018)

PERSEPSI GURU TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (RISNA ZULVA, 2014)

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 46 KOTA BANDA ACEH (Julia Saputri, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy