//

FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 1 PAGAR AIR ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NELIA HERA PUTRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nelia Hera Putri, 2019. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Literasi Peserta Didik Kelas III SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing. (1) Drs. M. Yamin, M.Ed. (2) Drs. Sulaiman, M.Si. Kata Kunci: faktor-faktor, mempengaruhi kemampuan, literasi peserta didik Dalam konteks ini faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi peserta didik kelas III SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar. Rumusan masalah penelitian ini adalah faktor -faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan literasi peserta didik kelas III SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan literasi peserta didik kelas III SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 31 peserta didik kelas III. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengumpulan data terhadap 31 peserta didik. Maka hasil tes membaca terlihat dari empat macam kriteria membaca yang dinilai terdapat 14 peserta didik atau sebesar (45,16%) yang sangat mampu membaca, 10 peserta didik sebesar (32,25%) yang mampu, dan 6 peserta didik sebesar (19,35%) yang cukup mampu membaca. Dan hasil tes menulis menunjukan sebagian besar telah mampu dalam menulis yaitu 7 peserta didik atau sebesar (22,58%) sangat mampu, 12 peserta didik sebesar (32,26%) tergolong mampu, 11 peserta didik sebesar (35,48%) tergolong cukup mampu, dan 1 peserta didik sebesar (3,23%) tergolong kurang mampu. Dari hasil wawancara menyatakan bahwa minat membaca peserta didik dan kepedulian orang tua terhadap pendidikan peserta didik sangat mempengaruhi literasi. Hasil dokumentasi menunjukan perbedaan usia dari peserta didik, bahwa peserta didik yang lebih tua dari yang lainnya sedikit mempengaruhi literasi. Dari hasil dokumentasi biodata orang tua yaitu orang tua yang berpendidikan rendah berjumlah 12 orang yang pendidikan menengah atas sebanyak 31 orang, sedangkan yang berpendidikan tinggi sebanyak 19 orang, sehingga terlihat dari orang tua yang berpendidikan tinggi dan menengah lebih mampu dalam literasi dibanding dengan orang tua berpendidikan rendah. Maka dari hasil penelitian yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa usia, minat, dan peran orang tua jelas mempengaruhi kemampuan literasi peserta didik itu sendiri.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI KELAS IV SDN 1 PAGAR AIR (BUDI K. ASAD, 2019)

PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON- ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X (Putri Dewi Septiani, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODIFICATION OF RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESETIMBANGAN KIMIA DI KELAS XI SMA NEGERI 12 MODEL BANDA ACEH (Mega Wati, 2019)

PENERAPAN SYSTEMATIC APPROACH TO PROBLEM SOLVING(SAPS)PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA (cut ernawati, 2014)

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI KELAS III SD NEGERI 54 BANDA ACEH (DEWI LESTARI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy