//

HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MA INSAN QURANI ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FASIHUL LISAN - Personal Name
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Lisan, Fasihul. 2019. Hasil Belajar Matematika dan Pengaruhnya Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa MA Insan Qurani Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. RM Bambang S, M. Pd., (2) Suhartati, S. Pd., M. Pd. Kata kunci: pengaruh, hasil belajar matematika, kecerdasan spiritual Tujuan pendidikan nasional dalam UU RI No. 20 Tahun 2003 (UU SISDIKNAS) Bab II Pasal 3 mengenai fungsi dan tujuan pendidikan diantaranya adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Sehingga kurikulum 2013 yang berlaku dalam sistem pendidikan di Indonesia sekarang, khususnya pada pelajaran matematika, mengembangkan proses pembelajaran tidak langsung yang berkaitan dengan pengembangan nilai dan sikap siswa tercantum dalam kompetensi inti yang pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat kecerdasan spiritual siswa dan (2) pengaruh hasil belajar matematika terhadap kecerdasan spiritual siswa di MA Insan Qurani Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan teknik analisis menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 44 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan skala psikologi dan tes. Skala psikologi yang digunakan yaitu skala sikap dari Likert yang berjumlah 60 pernyataan dengan pilihan 4 alternatif jawaban. Setelah diujicoba, jumlah item yang valid pada skala ini adalah 32 pernyataan dengan nilai reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach sebesar 0,81. Materi tes yang digunakan yaitu materi Matriks, terdiri atas 5 soal esai. Hasil penelitian ini dapat dikemukaan sebagai berikut. (1) nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 42,86 berada pada kategori sedang dan skor rata-rata kecerdasan spiritual siswa adalah 103,86 berada pada kategori sedang juga; dan (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar matematika terhadap kecerdasan spiritual siswa dengan besarnya kontribusi yang diberikan sebesar 10,18%. Kesimpulan penelitian ini adalah pengaruh hasil belajar matematika terhadap kecerdasan spiritual siswa MA Insan Qurani Aceh Besar cukup baik yaitu sebesar 10,18% dan sisanya 89,82% ditentukan oleh faktor yang lain. Oleh karena itu hasil belajar matematika memberi pengaruh yang baik terhadap kecerdasan spiritual siswa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, khususnya terkait dengan pengembangan sikap spiritual.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TEACHERS’ STRATEGIES IN TEACHING WRITING (A CASE STUDY AT MAS INSAN QURANI ACEH BESAR) (FATAYATUL ‘ALIM, 2016)

HUBUNGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD NEGERI LAMREUNG ACEH BESAR (Rauzatun Jannah, 2018)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Mukhlisah, 2016)

PENERAPAN PEMBELAJARAN COLLABORATIVE TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA INSAN QUR’ANI ACEH BESAR TAHUN 2017/2018 (Risa Khairiyah, 2019)

HUBUNGAN MULTIPLE INTELLIGENCE DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Aulia Fitri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy