//

TAFSIR NILAI-NILAI KEOLAHRAGAAN DALAM HADITS RASULULLAH SHALLALLAHU ’ALAIHI WASSALLAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alfi Rahmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pada saat ini olahraga berkembang pesat dalam berbagai sektor-sektor kehidupan masyarakat. Berbagai macam cabang olahraga dipertandingkan dalam event olahraga. Namun sebagian masyarakat masih minim akan pengetahuan tentang nilai-nilai yang tersirat di dalam hadits anjuran Rasulullah Saw. tentang berolahraga, serta mengabaikan pentingnya berolahraga dalam kehidupan masyarakat yang diakibatkan kesibukan dari aktivitasnya sehari-hari. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tafsir nilai-nilai keolahragaan dalam hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam serta memahami kembali kandungan hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam tentang olahraga yang dianjurkannya beserta nilai-nilai keolahragaan yang terkandung di dalam hadits tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis evaluasi dan metode deskriptif. Penelitian ini melibatkan tiga orang subjek yang merupakan para cendikiawan pada bidang tafsir dan hadits. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan studi kepustakaan terkait tentang hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam mengenai olahraga yang dianjurkannya. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa di dalam hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam, beliau tidak hanya menganjurkan untuk berolahraga melainkan juga menganjurkan seseorang untuk memahami nilai-nilai keolahragaan tersebut guna membentuk pribadi yang lebih baik dengan mengedepankan moral, etika dan adab. Nilai-nilai keolahragaan yang terdapat di dalam hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam mengenai olahraga yaitu, nilai persatuan, kerjasama, persahabatan, penghargaan, sportifitas, fair-play, ketekunan dan kerja keras, solidaritas, tanggung jawab, keberanian, dan integritas. Hadits-hadits ini diriwayatkan oleh Sanad Muslim, Bukhari, Abu Daud, Ibnu Majah, Tirmizi, dan Nasa’i, dimana olahraga anjuran tersebut adalah berkuda, memanah, berenang, menombak (lempar lembing), bergulat, berlari, dan berjalan kaki.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN KISAH ASHABUL KAHFI DALAM HIKAYAT EELIA TUJOH DENGAN KISAH ASHABUL KAHFI DALAM TAFSIR ALQURAN (Muhammad Rifiyal, 2017)

ANALISIS UNSUR SEJARAH ISLAM DALAM NOVEL KHADIJAH: KETIKA RAHASIA MIM TERSINGKAP KARYA SIBEL ERASLAN (Lailul Anshari, 2017)

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU AL QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA M.T.S.N SAKTI KABUPATEN PIDIE (Syarifuddin , 2014)

PENGEMBANGAN BUKU PEGANGAN GURU DALAM MENERAPKAN KOMPETENSI INTI SATU PADA MATERI KIMIA SMA/MA BERBASIS TAFSIR AL-QUR'AN (ABDUL MUJALA, 2015)

MOTIVASI SISWA KELAS TINGGI DALAM MELAKUKAN AKTIVITAS JASMANI DI SD LAMKUNYET KECAMATAN DARUL KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR (AHYAR, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy