//

HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN DENGAN KETEPATAN MEMANAH JARAK 20 METER PADA ATLET PANAHAN ACEH BESAR TAHUN 2018

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M LUTHFI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK M. Luthfi, 2018. “Hubungan Kekuatan Otot Lengan dengan Ketepatan Memanah Jarak 20 Meter Pada Atlet Panahan Aceh Besar Tahun 2018”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Saifuddin, M.Pd (2) Karimuddin, S.Pd,. M.Pd Kata Kunci : kekuatan otot lengan, ketepatan memanah jarak 20 meter Panahan Aceh Besar merupakan suatu organisasi olahraga di bawah naungan PERPANI Aceh. Panahan Aceh Besar sudah lama berdiri sejak tahun 1985, dan telah melahirkan banyak atlet-atlet professional yang telah meraih prestasi di tingkat Nasional seperti pada PON Jawa Barat 2016 dan berhasil meraih juara umum pada PORA ke XIII di Jantho dengan total medali 20 medali, 12 emas 5 perak dan 3 perunggu. Panahan Aceh Besar yang berpusat latihan di desa Lamreung Meunasah Baktring Kecamatan Krung Barona Jaya. Para Atlet binaan Pengcab PERPANI Aceh Besar melakukan latihan setiap sore hari. Penelitian yang berjudul “ Hubungan Kekuatan Otot Lengan Dengan Ketepatan Memanah Jarak 20 Meter Pada Atlet Panahan Aceh Besar Tahun 2018”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kekuatan otot lengan dengan ketepatan memanah jarak 20 meter pada atlet panahan Aceh Besar tahun 2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh atlet panahan Aceh Besar tahun 2018 yang berjumlah 20 orang. Pengambilan sampel melalui total sampling atau mengambil semua populasi menjadi sampel. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kekuatan otot lengan dengan menggunakan tes pull and push dynamometer dan ketepatan memanah jarak 20 meter menggunakan busur panah yang menembakkan anak panah sebanyak 36 anak panah ( 1 sesi terdiri dari 6 rambahan, 1 rambahan terdiri dari 6 anak panah). Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasional. Data diolah dengan menggunakan teknik statistik dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata ( Mean), Standar Deviasi (SD), dan uji Korelasional. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Hubungan kekuatan otot lengan dengan ketepatan memanah jaraj 20 meter sebesar (rxy= 0,73). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung sebesar 5,21 ≥ ttabel sebesar 1,73 maka kekuatan otot lengan mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan ketepatan memanah jarak 20 meter.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA KOORDINASI MATA-TANGAN DAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP KETEPATAN SHOOTING BOLABASKET PADA ATLET BOLABASKET PADA KLUB BOLABASKET DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (masykur, 2014)

KONTRIBUSI KEKUATAN OTOT LENGAN DAN KELENTUKAN TERHADAP KECEPATAN MENDAYUNG K-1 JARAK 200 M PADA ATLET DAYUNG KOTA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Munawirsyah, 2014)

“KONTIBUSI KESEIMBANGAN DAN POWER OTOT LENGAN TERHADAP KECEPATAN MENDAYUNG JARAK 100 M PADA ATLET DAYUNG PENGPROV BANDA ACEH”. (Hasbuna Rawe, 2015)

KONTRIBUSI POWER OTOT LENGAN DAN DAYA TAHAN OTOT LENGAN TERHADAP KECEPATAN MENDAYUNG DRAGON BOAT JARAK 200 METER PADA ATLET DAYUNG KOTA BANDA ACEH TAHUN 2017 (Agus Triawan, 2019)

KONTRIBUSI PANJANG LENGAN DAN POWER OTOT LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN SMASH PADA ATLET BOLA VOLI TUNAS MUDA VC ACEH BESAR TAHUN 2014 (Awaluddin, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy