//

TINDAK PIDANA PENCURIAN BARANG DALAM MOBIL (SUATU PENELITIAN DI KABUPATEN ACEH BARAT DAYA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Reny Rahmalisa - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK RENY RAHMALISA, 2019 TINDAK PIDANA PENCURIAN BARANG DALAM MOBIL (Suatu Penelitian di Kabupaten Aceh Barat Daya) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (v, 57),pp.,bibl. Ainal Hadi, S.H, M.Hum. Pasal 362 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana bahwa barang siapa mengambil barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagian kepunyaan orang lain, dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum. Pasal 363 KUHP ayat (1) huruf e menyebutkan bahwa diancam dengan pidana penjara paling lama 7 tahun, pencurian yang untuk masuk ke tempat melakukan kejahatan, atau untuk sampai pada barang yang diambil, dilakukan dengan merusak, memotong atau memanjat, atau dengan memakai anak kunci palsu, perintah palsu atau pakaian jabatan palsu. Meskipun diancam dengan hukuman yang berat, namun dalam kenyataannya pencurian dengan merusak mobil masih terjadi dan hukuman yang dijatuhkan relatif ringan. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya tindak pidana pencurian barang dalam mobil yang terjadi di Kabupaten Aceh Barat Daya, modus operandi tindak pidana pencurian tersebut dan upaya penanggulangan tindak pidana pencurian barang dalam mobil yang terjadi di Kabupaten Aceh Barat Daya. Metode penelitian dilakukan dengan metode yuridis empiris. Analisis permasalahan dilakukan dengan mengolah data sekunder yaitu bahan-bahan hukum yang diperoleh dengan mempelajari serta menelaah teori, buku-buku, jurnal, literatur-literatur hukum serta peraturan perundang-undangan (library research) dan data primer yang diperoleh dari lapangan (field research) dengan proses mewawancarai secara langsung kepada responden dan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan pelaku tindak pidana pencurian barang dalam mobil ialah karena faktor ekonomi, faktor pergaulan (dukungan dari teman), faktor media massa dan faktor kelalaian korban. Pencurian barang dalam mobil yang dilakukan oleh pelaku dengan modus memecahkan kaca mobil menggunakan pecahan keramik busi. Upaya untuk menanggulangi tindak pidana pencurian barang dalam mobil itu dibagi pada 2 upaya, yaitu upaya preventif (pencegahan) yaitu memakirkan mobil pada tempat yang aman, tidak meninggalkan barang berharga di dalam mobil, mengadakan patroli, mengadakan razia, adanya hubungan kerjasama antara aparat penegak hukum dengan masyarakat dan upaya represif (penindakan). Disarankan kepada polisi, jaksa dan hakim agar sesering mungkin menghimbau kepada masyarakat supaya tidak memakirkan mobilnya sembarangan atau di tempat sepi yang jauh dari pengawasan dan untuk tidak meninggalkan barang berharga di dalam mobil, serta disarankan kepada pihak Kepolisian untuk mengadakan patroli rutin serta razia rutin pada daerah-daerah yang rawan terjadinya tindak pidana.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENCURIAN KELAPA SAWIT DI PERKEBUNAN PT.SOCFINDO (SUATU PENELITIAN DIWILAYAH KABUPATEN NAGAN RAYA) (Santoni Fajar Rizki, 2018)

TINDAK PIDANA PENCURIAN UANG KOTAK AMAL (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI JANTHO) TINDAK PIDANA PENCURIAN UANG KOTAK AMAL (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI JANTHO) TINDAK PIDANA PENCURIAN UANG KOTAK AMAL (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI JANTHO) (RIDHA AKBARUL KARIM, 2018)

TINDAK PIDANA PENCURIAN KABEL EMNARA TELEKOMUNIKASI (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI LHOKSEUMAWE) (MUCHLIS SUDDIN, 2018)

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN TINDAK PIDANA PENCURIAN BAGASI PENUMPANG PESAWAT TERBANG (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR KOTA BANDA ACEH) (ADE KANA SORAYA, 2018)

TINDAK PIDANA PENCURIAN BATERAI LISTRIK TENAGA SURYA (SOLAR CELL) (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM BANDA ACEH DAN ACEH BESAR) (NANDA SRI MULYATI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy