//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN QUIZ TEAM PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 4 TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD KALBADRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kalbadri, Muhammad. 2018.Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Student Team Achievement Division Dengan Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri 4 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara, Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs.Abdul Wahab Abdi, M. Si. (2) Dr. Alamsyah Taher, M.Si. Kata kunci : perbandingan, hasil belajar, geografi,student team achievement division, quiz team Belajar adalah usaha untuk menambah dan mengumpulkan sejumlah ilmu pengetahuan. Dalam hal ini guru merupakan sebagai perantara dalam mendapatkan ilmu pengetahuan tersebut. Penerapan metode dan model pembelajaran merupakan unsur penting dalam menentukan keberhasilan guru saat mengajar. Model pembelajaran yang dapat digunakan ialah model pembelajaran Koperatif Tipe Student Team Achievemet Division dan Quiz Team. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Koperatif Tipe Student Team Achievement Division lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Quiz Team pada mata pelajaran geografi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Student Team Achievement Division lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran koperatif tipe Quiz Team. Penelitian ini menggunakan pedekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Tanah Jambo Aye yang berjumlah 43 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, diambil dua kelas yaitu XI-1 sebanyak 22 siswa dan kelas XI-2 sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan tes kepada peserta didik, yaitu pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data menggunakan uji t. Hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung = 6,29 dan nilai ttabel =1,68. Sesuai dengan kriteria pengujiannya, terima Ha jika thitung > ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = (n1 + n2 – 2) selain dari pada itu terima H0. Berdasarkan hasil penghitungan didapatkan thitung> ttabel atau 6,29> 1,68, sehingga Ha diterima. Simpulan penelitian ini adalah hasil belajar geografi siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Koperatif Tipe Student Team Achievement Division lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Quiz Team pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Fatihaddin Syarif, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 BANDA ACEH (Lailisa Hanum, 2018)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN STUDENTRNTEAM ACHIEVEMENT DIVISION DI SMP NEGERI 7 RNBANDA ACEH (Mahrami, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE STAD PADA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (Basdillan Karnova, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEKNIK TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PRANATA SOSIAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KUTA BARO ACEH BESAR (Handayani, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy