//

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMEDIAL YANG DILAKUKAN GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 54 BANDA ACEH, KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMEDIAL YANG DILAKUKAN GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 54 BANDA ACEH, KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NOVITA SARI - Personal Name
Fakultas Fakultas KIP
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ASBTRAK Sari, Novita.2018. Pelaksanaan Pembelajaran Remedial yang Dilakukan Guru Sekolah Dasar Negeri 54 Banda Aceh Kec. Syiah Kuala kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Falkultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Pembimbing: (1) Drs. Yose Rizal B, M.Pd, (2) Drs. Fauzi, M.Pd. Kata kunci: Pembelajaran, Remedial. Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini ialah bagaimanakah proses pembelajaran remedial yang dilakukan oleh guru Sekolah Dasar Negeri 54 Banda Aceh”, Kec, Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara guru dalam mendiagnosis atau menelaah kembali kasus bagi siswa yang berkesulitan belajar, Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran remedial yang dilakukan guru di Sekolah Dasar Negeri 54 Banda Aceh Kec. Syiah Kuala kota Banda Aceh, serta untuk mendeskripsikan bagaimanakah cara guru dalam mere-evaluasi siswa sehingga dapat diketahui sejauhmana keberhasilan akan materi tercapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IVC, VC dan VIC dengan subjek penelitian sebanyak 3 orang guru. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Intrumen wawancara yang diberikan sebanyak 16 pertanyaan. Observasi dilakukan terhadap kegiatan pembelajaran pada ketiga guru yang meliputi persiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran remedial, tahap kegiatan dan tindak lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tahap persiapan cara guru mendiagnosis siswa yang berkesulitan belajar hanya dengan melihat dari hasil evaluasi awal dan dari patokan nilai kriteria ketuntasan minimal(KKM). Guru belum menganalisi faktor penyebab dan belum memperkirakan alternatif bantuan namun langsung mengajar seperti biasa. Semua siswa mendapatkan perlakuan yang sama. Pelaksanaan pembelajaran remedial menggunakan metode individu dan pemberian tugas kelas IVC dan VC, sedangkan kelas VIC tidak melakukan Re-evaluasi. Kedua guru memberikan soal yang sama dengan evaluasi awal. Hasilnya nilai siswa meningkat dan yang lain tidak diketahui.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN PENGAJARAN REMEDIAL OLEH GURU BIDANG STUDI PADA SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH (Putri Balqis, 2018)

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENJASORKES TINGKAT SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Rahmat Ikbal, 2017)

EVALUASI BENTUK MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN DARUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (ABDUL RAHIM, 2016)

PENGEMBANGAN PROFESIONAL GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Sufriadi, 2017)

KENDALA GURU DALAM PELAKSANAAN REMEDIAL TERHADAP KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) SISWA DI SDN 02 BANDA ACEH (SISKA AGUSTHIA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy