//

POLA PENDIDIKAN ANAK DISABILITAS DI SDLB NEGERI BAMBI KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Khairuni - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola pendidikan segregasi anak disabilitas di SDLB Bambi. Penelitian ini menggunakan teori interaksionalisme simbolik Geoge Herbert Mead yang memusatkan perhatiannya pada interaksi antara individu dan kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan informannya yaitu kepala sekolah, guru-guru yang mengajar di SDLB Bambi, dan orangtua dari murid SDLB Bambi. Pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pola pendidikan segregasi terhadap anak disabilitas SDLB di dukung oleh para guru yang bersangkutan di sekolah karena model pembelajaran terhadap anak disabilitas akan disiapkan oleh guru sehingga anak disabilitas mampu untuk berinteraksi dengan lingkungan sosial. Model pembelajaran juga di susun secara dominan dan berdasarkan kepada kurikulum 13 (K-13). Anak disabilitas yang belajar di SDLB Negeri Bambi bukan hanya diajarkan dengan menggunakan pola pendidikan segregasi tetapi mereka juga mempunyai pola asuh dari orangtua. Hubungan pola pendidikan segregasi dengan pola asuh orangtua dari anak disabilitas sama-sama pempunyai cara pembelajaran dan pengasuhan tersendiri terhadap anak disabilitas. Hanya saja pola pendidikan segregasi diterapkan di lingkungan sekolah, sedangkan pola asuh orangtua diterapkan dirumahnya masing-masing. Pendidikan segregasi memberikan pengaruh terhadap pola asuh orangtua dari anak disabilitas. Karena melalui pendidikan segregasi yang berpengaruh terhadap pola asuh orangtua, orangtua bisa mengetaui kondisi belajar anak disabilitas ketika belajar di rumah dan orangtua bisa mendampingi dan melihat perkembangan belajar dan perubahan sikap dari anak disabilitasnya. Kata Kunci: Pola Pendidikan, Anak Disabilitas, Guru

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MANAJEMEN SARANA PENDIDIKAN PADA SEKOLAH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDLB YTC KUTABLANG KABUPATEN BIREUEN (Mustafa, 2017)

KENDALA GURU DALAM MENGAJAR ANAK TUNAGRAHITA KELAS VI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB)NEGERI KOTA BANDA ACEH KECAMATAN BAITURRAHMAN (Suci Yunita, 2018)

ANALISIS KEUNTUNGAN DAN SALURAN PEMASARAN FURNITURE ROTAN DI UPT ROTAN BAMBI KECAMATAN PEUKAN BARO KABUPATEN PIDIE. (Teuku Athaillah, 2014)

DUKUNGAN KELUARGA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN ANAK DISABILITAS MENTAL DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI (SDLBN) LABUI BANDA ACEH (MAULIZA, 2016)

UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH UPAYA GURU DALAM MENANGANI ANAK TUNARUNGU DI SDLB YPAC-I GAMPONG KEURAMAT BANDA ACEH (DEBY WULANDARI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy