//

UJI RESISTENSI SALMONELLA SP YANG DIISOLASI DARI AIR DI LINGKUNGAN KANDANG TERNAK SAPI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FITRI WULAN SARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

UJI RESISTENSI Salmonella sp YANG DIISOLASI DARI AIR DI LINGKUNGAN KANDANG TERNAK SAPI ACEH ABSTRAK Pemakaian antibiotik yang tidak tepat dapat menyebabkan kegagalan dalam pengobatan dan dapat juga terjadi residu dalam bahan makanan asal hewan. Salmonella merupakan salah satu jenis bakteri berbahaya bagi hewan dan manusia. Terkait dengan persoalan tersebut maka dilakukan isolasi Salmonella sp dari air didalam kran, air di dalam bak penampungan dan air genangan didalam kandang ternak sapi aceh di Aceh Besar. Isolasi tersebut dilanjutkan dengan pengujian resistensi terhadap 6 antibiotik yaitu eritromisin, tetrasiklin, streptomisin, kloramfenikol, penisilin, dan amoksisilin dengan menggunakan metode Kirby Bauer pada media Mueller Hinton Agar (MHA). Hasil penelitian menunjukan terjadinya resistensi terhadap eritromisin, penisillin, streptomisin, dan tetrasiklin berturut-turut sebesar 100%, 100%, 89%, dan 11%. Namun tidak terjadi resistensi terhadap amoksisilin, dan kloramfenikol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bakteri Salmonella sp yang diisolasi dari air di sekitar kandang sapi aceh resisten terhadap 4 jenis antibiotik. Kata kunci : Resistensi antibiotik, Salmonella sp, air, sapi aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI BAKTERI SALMONELLA SP DARI FESES SAPI ACEH DI PUSAT PEMBIBITAN, ACEH BESAR (CUT IUSMA MUZADIN, 2018)

RESISTENSI ESCHERICIA COLI YANG DIISOLASI DARI FESES SAPI ACEH TERHADAP SEJUMLAH ANTIBIOTIK (WILA RISMA, 2019)

DETEKSI BAKTERI SALMONELLA SP. PADA TANGAN PEDAGANG DAGING SAPI DAN PERKIRAAN PENYEBABNYA DI PASAR PEUNAYONG BANDA ACEH (USWATUN HASANAH, 2018)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI SALMONELLA ENTERITIDIS PADA DAGING SAPI YANG DIJUAL DI BEBERAPA PASAR TRADISIONAL KOTA BANDA ACEH (Devi Rahmadhani, 2017)

PENAMPILAN REPRODUKSI SAPI PERANAKAN ACEH HASIL INSEMINASI BUATAN DI KECAMATAN DARUSSALAM (Muhammad Saini, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy