//

TENUN SONGKET ACEH “NYAKMU” DI DESA SIEM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yasmin Afrilla Utami - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: proses pembuatan, songket, motif, tenun. Penelitian yang berjudul Tenun Songket Aceh “Nyakmu” di desa Siem Kabupaten Aceh Besar mengangkat masalah bagaimana proses pembuatan dan apa saja motif-motif yang digunakan pada kain songket Aceh “nyakmu” di desa Siem Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan kain songket tenun dan motif-motif apa saja yang digunakan pada songket Aceh “Nyakmu”. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Dahlia dan Hasanah yang merupakan pengrajin tenun songket Aceh di desa Siem Kabupaten Aceh Besar. Objek dalam penelitian ini adalah proses pembuatan kain songket dan motif-motif yang digunakan pada songket Aceh “Nyakmu” di desa Siem Kabupaten Aceh Besar. Teknik pengumpulan data digunakan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumetasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis induktif yang meliputi 3 langkah, yaitu: Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa proses pembuatan kain songket terdiri dari 5 tahap, yaitu: 1) peuglah beuneung sutera (menggulung benang sutera), 2) seumiweut (Menghani benang sutera), 3) peuget idong (Membuat simpul benang lungsi yang akan dililit pada batang kumpar), 4) dong teupeun (Melilit benang lungsi pada batang kumpar), 5) nyulek motif (mendesain motif) dan motif yang digunakan pada kain songket berjumlah 63 motif yang dibagi menjadi ragam hias geometris ada 25 motif sedangkan ragam hias flora ada 38 motif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFIL PENGRAJIN KAIN SONGKET TENUN DI DESA SIEM KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (RIZKI FAJRIAH, 2015)

PROSES PEMBUATAN KAIN SONGKET TENUN DI DESA UJUNG TANAH KECAMATAN SAMADUA KABUPATEN ACEH SELATAN (SUSANA, 2018)

STRATEGI KEBERLANJUTAN PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL (STUDI KASUS PADA USAHA KAIN SONGKET ACEH DI DESA SIEM KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR) STRATEGI KEBERLANJUTAN PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL (STUDI KASUS PADA USAHA KAIN SONGKET ACEH DI DESA SIEM KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR) STRATEGI KEBERLANJUTAN PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL (STUDI KASUS PADA USAHA KAIN SONGKET ACEH DI DESA SIEM KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR) (Nurhadisah, 2013)

NYAK MU, MAESTRO PENGRAJIN SONGKET ACEH (1933 – 2009) (MAULINDA YANI, 2018)

STRATEGI PENGEMBANGAN SENTRA KERAJINAN TENUN ASMA SONGKET DI LAMNO KECAMATAN ACEH JAYA (Dahliana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy